Genre musik yang bisa meningkatkan fokus – Bukan rahasia lagi, jika banyak yang setuju bahwa musik dapat membantu meningkatkan konsentrasi seseorang. Belajar atau bekerja membutuhkan mood yang baik. Ketika moodmu semakin oke. Maka materi akan mudah kamu pahami atau pekerjaan yang kamu lakukan semakin cepat terselesaikan.

Mood yang baik bisa kamu bangun dengan mendengarkan musik. Namun, tidak semua jenis musik cocok untuk menemanimu belajar atau bekerja. Nah, melansir dari Wisatasia berikut ini ada beberapa genre musik yang bisa bikin kamu lebih bersemangat menyelesaikan tugasmu. Yuk intip apa aja list-nya!

Musik klasik

Genre yang satu ini membuat kita berpikir lebih jernih. Hal ini karena irama musiknya yang mampu membuat otak lebih rileks. Gelombang suara dari musik ini bisa membantu mengurangi stres sehingga kamu akan lebih mudah untuk berkonsentrasi.

Kamu bisa menikmati alunan irama lagu yang tenang. Ketika tubuh dan pikiranmu rileks, maka kamu akan lebih mudah fokus dengan apa yang kamu pelajari atau kerjakan. Apabila kamu sedang mengerjakan sesuatu hal yang berkaitan dengan hitungan atau hal yang berhubungan dengan angka. Musik ini sangat cocok untuk menemanimu.

Musik R&B

Lagu dengan irama agak  cepat akan memberikanmu efek yang bagus pada otakmu. Musik dengan genre ini mampu membuat otakmu lebih tenang dan membantumu untuk tetap terjaga.

Sebab itulah, genre ini sangat cocok untuk menemanimu belajar agar menjadi juara kelas atau bekerja. Apabila kamu sedang mengerjakan sesuatu yang memerlukan analisis otak, musik ini sangat sesuai untukmu saat ini.

Baca Juga  Manfaat Umbi Garut bagi Kesehatan Lambung

Musik pop dan rock

Musik dengan genre ini sangat bagus untuk otak kanan kita, lho! Otak kanan merupakan bagian otak yang kreatif dan penuh imajinasi. Tetapi, musik pop dan rock ini bisa menyeimbangkan pikiranmu, saat kamu merasa gagal akan suatu hal.

Apabila saat ini kamu sedang mengerjakan sesuatu hal yang berhubungan dengan kesenian. Berarti musik dengan genre ini sangat cocok menemanimu. Genre ini akan membantumu meningkatkan kinerja otakmu menjadi lebih kreatif.

Musik nuansa alam

Kamu bisa mencari tempat yang sunyi dan lebih tenang, agar tidak membuatmu terganggu saat mengerjakan sesuatu. Kicauan burung, gesekan dedaunan, warna hijau pepohonan atau persawahan akan membutamu rileks dan nyaman.

Tidak perlu repot menguduh lagu. Kamu bisa langsung mencari tempat dengan view alam yang ciamik dan mulai mendengarkan musik bernuansa alam. Dengan cara ini, kamu akan merasa lebih menyatu dengan alam, sehingga kamu mudah mendapatkan banyak inspirasi.

Musik kontemporer

Saat bangun tidur, pikiranmu bisa saja kosong. Kamu bisa memulai harimu dengan memutar lagu kontemporer. Genre lagu ini memiliki irama yang halus dan mempunyai kekuatan yang bisa menumbuhkan semangatmu untuk memulai aktivitas di pagi hari.

Musik pengusir rasa kantuk

Mungkin saja kamu akan merasa sedikit bingung dengan nama musik yang satu ini. Namun, telah kita ketahui bahwa ketika bekerja, kantuk bisa saja datang mangganggu. Sebab itulah, untuk mengatasi mengantuk, kamu perlu memutar lagu dengan alunan yang lebih semangat.

Musik ini dapat membuatmu semangat dan tetap terjaga lebih lama. Namun, ingat ya kawan, bahwa tubuh juga memerlukan waktu beristirahat sehingga luangkan waktu bekerjamu untuk bersantai dan meregangkan otot tubuh.

Baca Juga  Mari Mempelajari Ilmu Tata Bahasa Arab

Nah, itulah beberapa genre musik yang bisa meningkatkan fokus dalam mengerjakan suatu hal. Bagi anak dengan tipe gaya belajar auditori, cara ini mungkin bisa diterapkan. Kalau kamu lebih sering mendengar genre yang mana nih? Pilihlah genre musik sesuai dengan selera dan kebutuhanmu, ya. Selamat mencoba. Semoga bermanfaat!

Bagikan: