Tidak ada rumah tangga yang selalu baik-baik saja. Semua pasangan pastinya melalui banyak tantangan ketika menjalaninya, baik itu tantangan menyenangkan ataupun yang sulit untuk dilalui. Maka dari itu, penting bagi Anda dan pasangan untuk mulai mempersiapkan diri dalam menghadapi hal-hal tersebut.

Wajar rasanya jika Anda dan pasangan mulai membicarakan berbagai hal mengenai pribadi masing-masing sebelum menikah nanti. Namanya juga akan membentuk keluarga baru, jelas kalian harus saling mengenal satu sama lain dengan lebih dalam. Mulai dari kebiasaan, sifat buruk, bahkan kondisi keuangan sudah harus dibicarakan sejak awal.

Hal semacam ini akan membuat Anda dan pasangan semakin mengenal satu dengan yang lain, sehingga hubungan kalian juga semakin kuat dan lebih nyaman dalam menghadapi setiap fase pernikahan. Nah, sebelum menikah sebaiknya Anda dan pasangan membicarakan beberapa hal berikut ini:

Komitmen dan Tujuan Pernikahan

Sebuah pernikahan tentu harus berlandaskan tujuan yang jelas, maka tepat sekali bagi Anda dan pasangan membahas hal ini sejak awal. Jangan sampai merencanakan pernikahan tanpa adanya tujuan. Pernikahan tanpa tujuan akan memiliki ikatan yang rapuh, karena tidak memiliki fondasi kuat yang nantinya menjadi tumpuan kalian di masa-masa sulit nanti.

Pastikan pula Anda dan pasangan mempunyai komitmen kuat dalam menjalani kehidupan berumah tangga. Ini merupakan pilar penting di dalam membangun rumah tangga yang sedang Anda coba dirikan bersama pasangan.

Cara Komunikasi

Komunikasi bisa menjadi suatu hal yang membuat hubungan menjadi lebih kuat atau justru sebaliknya. Maka dari itu, penting bagi Anda dan pasangan untuk memahami pola atau cara berkomunikasi masing-masing. Sehingga, kalian bisa saling mengenal kebiasaan ini dengan baik dan jelas. Termasuk ketika mengutarakan berbagai ungkapan-ungkapan tertentu.

Baca Juga  Rekomendasi Kue Kering Ikonik di Hari Raya Idul Fitri

Jika tidak menemukan pola yang tepat dalam berkomunikasi, kemungkinan besar akan muncul berbagai hambatan seiring berjalannya rumah tangga. Jangan sungkan untuk membahas ini bersama pasangan sebagai hal yang serius dalam sebuah hubungan. Kenyataannya, komunikasi memanglah poin penting yang akan membantu kalian dalam membangun keluarga yang bahagia.

Kondisi Keuangan dan Pengelolaannya

Satu hal yang tidak boleh terlupa, yakni pembahasan terkait keuangan terutama mengenai kondisi keuangan masing-masing saat ini. Rencana pernikahan akan membutuhkan biaya yang tidak main-main. Salah satu solusinya adalah dengan membuat anggaran serta menabung bersama pasangan untuk memenuhinya.

Tentunya, hal ini harus diawali dengan keterbukaan Anda dan pasangan mengenai kondisi keuangan saat ini. Sebab, kalian harus mengetahui kondisi keuangan dan bagaimana cara mengelolanya selama ini.

Selain itu, Anda dan pasangan juga wajib membahas terkait pengelolaan keuangan rumah tangga setelah pernikahan nanti. Harus ada gambaran yang jelas agar ke depannya tidak timbul masalah yang berhubungan dengan keuangan.

Kondisi Keluarga Besar Masing-Masing

Menikah tidak hanya mempersatukan Anda dan pasangan, melainkan juga menyatukan keluarga besar masing-masing yang mungkin saja berbeda adat dan budaya. Hubungan kalian akan menjadi kuat apabila saling mengenal keluarga besar satu sama lain.

Hubungan keluarga besar yang baik menjadi salah satu faktor hubungan Anda dan pasangan bisa berjalan mulus. Sehingga, perlu sekali untuk mulai saling mendekatkan diri kepada keluarga besar satu sama lain. Jangan sampai kalian menikah tanpa mengenal atau bahkan tidak mengetahui kondisi keluarga besar masing-masing. Hal ini hanya akan membuat hubungan Anda dan pasangan beserta keluarga besar menjadi kaku dan tidak hangat.

Demikianlah 4 hal penting dari Gurunda yang perlu Anda dan pasangan bicarakan sebelum menikah nantinya. Fondasi pernikahan yang kuat akan membuat rumah tangga kalian akan berjalan lancar dan langgeng hingga maut memisahkan. Semoga bermanfaat!

Baca Juga  Berbagai Ungkapan Perasaan dalam Bahasa Inggris
List Blog Keren Rajabacklink
Bagikan:

Redaksi Gurunda.com

Rozak Al-Maftuhin | Pemred Gurunda.com | Owner Inspiratips Media

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.