Pemilu merupakan suatu proses demokrasi saat masyarakat memilih pemimpin dan wakil rakyatnya di suatu negara. Di Indonesia sendiri, pemilu diadakan setiap 5 tahun sekali. Partisipasi dalam pemilu merupakan hak dan kewajiban setiap warga negara yang harus dilaksanakan. Dalam pemilu, masyarakat memiliki kesempatan untuk menentukan arah dan kebijakan negara.

Namun, masih banyak masyarakat yang kurang memahami pentingnya pemilu dan akibatnya banyak yang memilih untuk tidak ikut serta dalam pemilu atau golput. Apa itu golput? Golput atau golongan putih adalah sikap untuk tidak memilih. Meskipun ini merupakan hak dari seorang warga, namun sikap Golput ini tidak baik bagi keberlangsungan suatu negara.

Sikap apatis atau Golput pada pemilu tidak hanya akan merugikan negara tapi juga masyarakat umum. Karna, suara yang bisa menentukan pemimpin negeri dan arah kebijakan politik negara menjadi hilang. Karena itu penting bagi masyarakat untuk memberikan suaranya pada pemilihan umum nanti. Lebih lanjut lagi di bawah ini merupakan beberapa manfaat partisipasi masyarakat dalam pemilu.

Manfaat Partisipasi Masyarakat Dalam Pemilu

Partisipasi masyarakat adalah barometer untuk mengukur keberhasilan pemilu, semakin tinggi tingkat partisipasi masyarakat, maka semakin tinggi juga keberhasilan sebuah pemilu. Sehingga tidak salah bila peran partisipasi warga adalah jantung dari demokrasi. Suara dari masyarakat mengambil andil dan peran besar dalam keputusan pemerintah kedepannya. Bukan hanya itu saja, masyarakat juga berkesempatan untuk meningkatkan pembangunan di daerahnya.

Berikut beberapa manfaat partisipasi masyarakat dalam pemilu yang berpengaruh besar bagi negara dan masyarakat.

Mempengaruhi Keputusan Pemerintah

Partisipasi masyarakat dalam pemilu juga memberikan pengaruh besar dalam keputusan politik yang dibuat oleh pemerintah. Sebagai masyarakat tentunya kita memiliki hak dan harus memanfaatkan hak tersebut dengan sebaik-baiknya, salah satunya dengan turut ambil andil menentukan keputusan politik. Dengan turut serta dalam pemilu. Kita bisa lebih memberikan saran, kritik, bahkan keputusan mayoritas dapat mempengaruhi kebijakan politik pemerintah kedepannya, yang jelas hal ini dapat memberikan dampak positif juga terhadap masyarakat.

Baca Juga  Ini Dia Manfaat Paper Angle Dalam Industri

Demokrasi Kuat dan Stabil

Dengan ikut serta dalam pemilu, masyarakat memiliki kesempatan untuk memilih pemimpin yang mereka percayai dapat memimpin negara dengan baik. Memilih sosok calon pemimpin yang sesuai dengan visi, misi, serta kebijakannya memberikan dampak positif kepada masyarakat luas merupakan harapan kita. Demokrasi juga dapat menjadi kuat dan stabil. Alangkah bahagianya, jika pemimpin yang kita pilih dapat memperjuangkan harapan dan mewujudkan cita-cita bangsa yang lebih maju dan lebih baik lagi di masa yang akan datang.

Wadah Penyalur Aspirasi

Berpartisipasi dalam pemilu juga dapat menjadi wadah penyalur aspirasi masyarakat. Dengan turut serta dalam pemilu, kita sebagai masyarakat dapat menyalurkan aspirasi, keluh kesah, serta menyampaikan apa yang kita harapkan dan inginkan kepada calon yang kita akan pilih. Besar harapan aspirasi yang telah kita utarakan dapat menjadi pertimbangan dalam membangun kebijakan pemerintah kedepannya.

Melihat betapa pentingnya partisipasi masyarakat dalam pemilu, diperlukan upaya dan strategi yang tepat guna meningkatkan partisipasi masyarakat dalam pemilu. Terkait hal ini diperlukan adanya pendidikan politik kepada masyarakat melalui parpol, KPU, Bawaslu, dan pemerintah. Kita juga bisa belajar lebih banyak lagi mengenai pentingnya memastikan pemilu berjalan dengan jujur, dan bersih dari kecurangan-kecurangan yang mungkin terjadi, misalnya saja serangan fajar, dengan mengunjungi laman ACLC KPK, situs Edukasi  Antikorupsi dari KPK.

Yuk, sudah saatnya berpartisipasi mengambil keputusan untuk mewujudkan pemerintahan yang baik kedepannya.

sumber:

https://prokom.kukarkab.go.id/berita/kemasyarakatan/peran-aktif-masyarakat-diperlukan-dalam-mensukseskan-pemilu

Bagikan: