Tips menjadi juara kelas – Siapa sih yang tidak mau jadi juara kelas? Semua siswa-siswi pasti ingin menjadi juara kelas agar bisa membanggakan orang tua dengan prestasi yang mereka raih di sekolah. Namun, untuk mencapai itu semua bukan suatu hal yang mudah, lho.

Apalagi, kalau kamu bersekolah di favorit. Sainganmu akan sangat banyak dan menjadi tantangan besar untuk mengalahkan mereka dalam perebutan gelar juara kelas. Kira-kira, apa saja ya tips menjadi juara kelas yang bisa kamu lakukan? Yuk simak pembahasan dari Gurunda.com di bawah ini!

Memiliki Motivasi yang Kuat

Tips yang pertama ialah harus memiliki motivasi yang kuat. Maksudnya, kamu harus memiliki alasan kuat dan mendasar. Motivasi apa yang membuatmu ingin meraih gelar juara kelas. Misalkan, kamu ingin menjadi juara kelas untuk membanggakan orang tua.

Atau, ingin mendapatkan beasiswa untuk masuk PTN melalui jalur undangan, dan sebagainya. Motivasi yang kuat itulah yang akan mendorongmu untuk lebih berusaha dalam meraih gelar juara kelas.

Menentukan Tujuan (Goal)

Menentukan goal atau tujuan juga menjadi salah satu tips menjadi juara kelas. Ibaratnya nih, sewaktu liburan kamu tentu menentukan tujuan atau destinasi wisata yang akan kamu kunjungi bukan?

Sama halnya dengan meraih prestasi di sekolah. Kamu pun harus menentukan tujuan yang jelas, agar lebih terarah dalam proses mencapai tujuan tersebut. Kamu bisa menulisnya di tempat yang mudah terlihat agar terus bisa mengingat apa tujuan kamu untuk menjadi juara kelas.

Menyusun Perencanaan

Nah, setelah menentukan tujuan dan menulisnya, kamu susun perencanaannya. Apa saja yang harus kamu lakukan, bagaimana kamu melakukannya, dan sebagainya. Kamu bisa membuat perencanaan atau target mingguan terlebih dahulu.

Baca Juga  3 Tips Mudah Memilih Supplier ATK untuk Kebutuhan Kantor

Misalnya, minggu ini kamu harus menguasai materi Bab 1 Sosiologi, membuat rangkuman tentang bentuk morfologi hewan, membuat mindmap, dan sebagainya. Tulis di buku agenda atau papan impian yang ada di kamar kamu sebagai pengingat.

Konsisten

Semua tips yang kamu lakukan, tidak akan berjalan dengan semestinya apabila tidak konsisten. Justru, banyak orang gagal melakukan tips terakhir ini karena konsisten merupakan suatu hal yang berat. Awalnya, kamu akan semangat menjalankannya. Lama-kelamaan, mungkin kamu akan merasa bosan dan malas untuk melakukannya.

Kalau itu terjadi, coba ingat-ingat lagi motivasi dan tujuan kamu ingin meraih juara kelas. Dengan begitu, semangatmu akan kembali terpantik dan konsisten menjalankan tips menjadi juara kelas yang telah disebutkan sebelumnya.

Bagikan: