Kewajiban sebagai siswa di sekolah – Hak dan kewajiban setiap manusia memiliki perbedaan, tergantung tempat mereka berada. Misalkan ketika di sekolah, hak dan kewajibannya pasti berbeda dengan hak dan kewajiban di rumah. Umumnya, kondisi tersebut muncul akibat adanya perbedaan peran yang orang lakukan di dalam suatu lingkungan kehidupan.

Di lingkungan rumah, anak memiliki hak untuk tinggal di lingkungan yang nyaman dan bersih. Namun, ada kewajiban yang perlu mereka laksanakan sebagai wujud menjaga kebersihan dan kenyamanan lingkungan.

Jika berbicara tentang hak dan kewajiban anak di sekolah atau ketika mereka menjadi seorang siswa, ada pula kewajiban sebagai siswa di sekolah yang harus mereka lakukan dan hak yang harus mereka dapatkan dari pihak sekolah.

Kewajiban Siswa di Sekolah

Mungkin, kamu hanya sekadar tahu bahwa kewajiban siswa di sekolah hanya terbatas pada pembelajaran. Padahal, ada sejumlah kewajiban yang harus siswa taati di lingkungan sekolah. Berikut ini lima kewajiban sebagai siswa di sekolah yang harus kamu tahu. Simak baik-baik, ya!

Ikut menjaga kebersihan dan keamanan sekolah

Di setiap sekolah, pasti ada petugas kebersihan yang memiliki tugas membersihkan lingkungan sekolah dan petugas keamanan yang berkewajiban menjaga keamanan di lingkungan sekitar sekolah. Akan tetapi, siswa-siswi juga mempunyai tanggung jawab untuk ikut membantu kebersihan serta keamanan lingkungan sekolah.

Umumnya, guru akan meminta pengurus kelas untuk membuat jadwal piket agar tugas menjaga kebersihan menjadi lebih terstruktur. Tujuannya, untuk menjaga kegiatan belajar mengajar agar tetap berjalan efektif dan nyaman. Juga, menumbuhkan rasa tanggung jawab pada diri siswa terhadap lingkungan sekitarnya.

Baca Juga  Menumbuhkan Semangat Membaca Anak, Berikut Caranya

Wajib mengikuti proses belajar

Mengikuti proses belajar mengajar di kelas adalah salah satu kewajiban seorang siswa. Apalagi, mengikuti proses KBM (Kegiatan Belajar dan Mengajar) merupakan syarat untuk kenaikan kelas dan kelulusan.

Karena sebuah kewajiban, maka apabila siswa berhalangan hadir dan tidak bisa mengikuti jalannya KBM, mereka harus membuat surat keterangan sakit atau izin tidak mengikuti kelas. Meski begitu, biasanya ada peraturan batas maksimun ketidakhadiran siswa agar tetap bisa naik kelas.

Membantu kelancaran proses belajar mengajar di kelas

Selain wajib mengikuti proses belajar, membantu kelancaran proses KBM di kelas juga menjadi kewajiban sebagai siswa di sekolah. Jadi, tidak hanya guru yang berkewajiban untuk menciptakan kelancaran KBM di kelas. Butuh kerja sama juga dengan murid agar suasana belajar di kelas menjadi kondusif.

Tanggung jawab siswa dalam hal ini seperti memperhatikan penjelasan guru di depan kelas dengan baik, tidak gaduh, atau mengobrol dengan teman ketika guru sibuk menjelaskan materi. termasuk salah satunya mengerjakan PR apabila diberikan tugas.

Menjaga nama baik sekolah

Kewajiban satu ini juga tidak kalah penting. Sayangnya, sekarang banyak siswa yang tanpa sadar justru mencoreng nama sekolah lewat perilakunya di luar lingkungan sekolah atau mungkin melalui media sosial.

Padahal, untuk mewujudkan hal ini, setiap siswa wajib menjaga nama baik sekolah dengan tidak melakukan hal-hal buruk atau penyimpangan sosial, seperti tawuran antar sesama pelajar, keluyuran di luar lingkungan sekolah dengan masih mengenakan seragam sekolah di saat jam sekolah, dan sebagainya.

Memakai pakaian yang sesuai dengan aturan sekolah

Sebagian besar sekolah mempunyai standar atau peraturan tersendiri terkait cara berpakaian siswa-siswinya. Peraturan tersebut yang harus siswa taati sebagai salah satu bentuk kewajibannya di lingkungan sekolah. Peraturan yang paling umum adalah siswa wajib memakai pakaian sekolah yang sopan (tidak ketat) dan mengenakan seragam sesuai harinya.

Baca Juga  Wajib Tahu! 5 Manfaat Kuliah di Luar Negeri Berikut Ini

Itulah lima kewajiban sebagai siswa di sekolah yang harus mereka taati dan patuhi by Gurunda. Karena, terdapat sanksi yang akan mereka dapat jika melanggar salah satunya. Semoga bermanfaat!

Bagikan: