Menu buka puasa untuk anak – Mengajarkan puasa pada anak memang perlu Bunda lakukan. Namun, tetap penting untuk Bunda memerhatikan nutrisi dalam menu buka puasa anak. Nutrisi yang tidak tercukupi dengan baik akan berpengaruh buruk pada tumbuh kembang buah hati.

Nah, Bunda bisa mencari referensi masakan bergizi yang cocok untuk menu buka puasa si Kecil. Tenang Bunda, resep yang sehat tidak harus selalu berkaitan dengan sayur-sayuran, kok. Jadi, Bunda bisa lebih berkreasi dalam membuat menu buka puasa yang menarik dan tidak itu-itu saja.

Bunda bisa menggunakan bahan dari daging, ikan, ayam, telur, keju, dan bahan lainnya untuk menciptakan hidangan yang bergizi. Jangan lupa untuk memerhatikan kebutuhan asupan karbohidrat, protein, zat besi, kalsium, dan vitamin pada si Kecil.

Apabila Bunda masih bingung dan sedang mencari inspirasi menu buka puasa untuk anak. Tepat sekali, kami akan berbagi beberapa menu untuk sajian buka yang sehat dan praktis yang dilansir dari Sedia Web. Simak ulasan berikut ini, ya Bunda.

Sup Ayam 

Sup ayam adalah menu yang praktis dan sangat familiar di kalangan anak-anak. Apalagi jika sup terdapat campuran sayuran dan Bunda sajikan masih dalam keadaan hangat. Daging ayam dan sayuran yang terdapat dalam sup ini akan membantu memenuhi kebutuhan nutrisi si Kecil.

Daging ayam kaya akan protein, sedangkan sayuran mengandung lemak, vitamin, dan mineral. Oleh karena itu, sup ini bagus untuk tumbuh kembang anak.

Bola-Bola Nasi Keju

Anak-anak pasti menyukai makanan berbentuk seperti bola ini. Bola-bola keju memiliki bahan dasar dari nasi, daging cincang, keju, telur, tepung terigu, dan tepung roti. Agar anak semakin tertarik, ajak mereka untuk ikut memasak bersama. Campurkan daging cincang dengan nasi dan membentuknya menjadi bulatan-bulatan kecil.

Baca Juga  Mengenal Berbagai Manfaat Penggunaan Dompet Digital Bagi UMKM

Lalu isilah bulatan itu dengan potongan keju. Setelah itu, bola keju Bunda balurkan ke tepung dan telur. Selanjutnya, balurkan ke tepung roti dan goreng. Saat menghidangkannya, Bunda bisa memberikan saus tomat sebagai cocolan.

Bihun Goreng Seafood

Mie adalah salah satu makanan yang anak-anak sukai sebagai penganti karbohidrat. Banyak sekali jenis mie yang terjual di pasaran, termasuk bihun.

Bihun yang Bunda kombinasikan dengan seafood akan membuat anak ketagihan, lho.Bihun goreng dengan seafood ini mempunyai cita rasa yang gurih dan manis.

Puding Buah

Apabila anak  kurang suka buah, maka Bunda bisa membuat kreasi makanan lain yang juga menggunakan buah-buahan. Nah, salah satu menu yang bisa Bunda buat adalah puding. Rasa puding yang manis dan tekstur yang lembut dan kenyal membuat mulut anak menjadi lebih segar saat berbuka.

Dengan menu puding buah, Bunda bisa melengkapi kebutuhan vitamin, serat, maupun mineral bagi tumbuh kembang si Kecil.

Pisang Bakar Keju Madu

Pisang adalah buah yang kaya akan kandungan karbohidrat, air, dan serat yang memiliki peran penting dalam kesehatan sistem pencernaan. Apabila Bunda membakar pisang tersebut dan memberinya toping keju maupun madu. Maka, rasanya menjadi lebih gurih, lezat, dan manis. Pasti buah hati akan suka dengan kreasi Bunda yang satu ini.

Keju memang sangat bermanfaat sebagai sumber protein dan kalsium yang bagus untuk perkembangan si Kecil. Madu adalah pemanis alami yang bisa membantu meningkatkan daya tahan tubuh buah hati. Sehingga, anak tidak akan mudah sakit ketika menunaikan ibadah puasa.

Demikianlah 5 menu buka puasa untuk anak. Bunda bisa melakukan kreasi pada sajian buka puasa agar anak tidak jenuh dan tetap bersemangat dalam menyelesaikan puasanya. Selamat mencoba. Semoga bermanfaat!

Baca Juga  Inilah Cara Jitu Mengajari Anak Untuk Berbagi
Bagikan: