Colocation server merupakan solusi yang sangat menguntungkan bagi perusahaan yang ingin mengoptimalkan kinerja infrastruktur IT mereka. Dalam colocation server, perusahaan menyewa ruang di data center milik pihak ketiga untuk menempatkan server mereka.

Hal ini membawa sejumlah manfaat yang signifikan bagi bisnis, mulai dari keamanan data hingga ketersediaan yang tinggi. Berikut ini beberapa manfaat utama tersedianya layanan colocation server. Mari simak ulasannya sampai selesai!

Ruangan Khusus Untuk Server

Salah satu manfaat utama colocation server adalah tersedianya ruang khusus yang terancang secara optimal untuk menyimpan server. Ruang ini terlengkapi dengan pendingin udara yang efisien dan sistem ventilasi untuk menjaga suhu server tetap stabil.

Selain itu, ruangan tersebut juga terlengkapi dengan infrastruktur yang mendukung konektivitas jaringan yang cepat dan handal. Dengan demikian, server Anda akan beroperasi dalam lingkungan yang optimal untuk mengurangi risiko kerusakan dan downtime akibat overheating atau masalah lainnya.

Daya Listrik Stabil

Colocation server biasanya disediakan dengan pasokan listrik yang sangat handal dan stabil. Data center terlengkapi dengan generator cadangan dan sumber daya listrik lainnya yang memastikan server tetap berjalan bahkan dalam situasi darurat atau pemadaman listrik.

Keandalan pasokan listrik ini sangat penting untuk menjaga ketersediaan layanan Anda secara terus menerus tanpa gangguan.

Pengamanan Berlapis

Pusat data untuk colocation server terlengkapi dengan sistem keamanan yang sangat canggih, mulai dari pengawasan fisik hingga sistem deteksi intrusi. Akses ke ruang server biasanya terbatas hanya kepada personel yang terkait dan seringkali menggunakan sistem keamanan biometrik atau kartu akses untuk mencegah akses yang tidak sah.

Baca Juga  Mengulas Tuntas Perbedaan Cloud dan Shared Hosting

Dengan lapisan pengamanan yang ketat ini, Anda dapat memiliki kepercayaan tambahan bahwa data dan infrastruktur Anda akan tetap aman dari ancaman fisik maupun digital.

Monitoring 24 Jam Nonstop

Selain itu, data center colocation server juga didukung oleh tim teknis yang memantau infrastruktur secara terus-menerus selama 24 jam dalam seminggu. Mereka akan secara proaktif mengawasi kinerja server, mengidentifikasi potensi masalah, dan mengambil tindakan pencegahan sebelum masalah tersebut berdampak pada ketersediaan layanan.

Dengan layanan monitoring yang terus-menerus ini, Anda dapat memiliki ketenangan bahwa server Anda akan selalu dalam kondisi optimal.

Secara keseluruhan, colocation server menawarkan berbagai manfaat yang signifikan bagi perusahaan yang memerlukan infrastruktur IT yang handal dan aman. Oleh karena itu, jika Anda mencari solusi untuk mengoptimalkan infrastruktur IT Anda, colocation server bisa menjadi pilihan yang sangat tepat.

Rekomendasi Provider Layanan Colocation Server

Salah satu provider yang menawarkan layanan colocation server murah adalah antmediahost.com. Provider yang satu ini menyediakan 3 data center yang bisa Anda sewa sesuai kebutuhan. Berikut data center yang antmediahost.com miliki untuk Anda.

AREA31

AREA31 merupakan TIER III Hyperscale Data Center dan Teleport Facilitise yang memiliki konsep military bungker. Data ini mengaplikasikan 8 High-Security layer yang menawarkan tingkat keamanan sangat ketat untuk infrastruktur Anda.

Technovillage

Data center ini berada di wilayah Cimanggis, Jawa Barat. Technovillage adalah fasilitas bisnis yang terhubung dengan Green Data Center Tier-3, ruang perkantoran dengan grade A dan pusat bisnis full service.

Gedung Cyber

Gedung ini berlokasi di Jakarta Selatan. Gedung Cyber menjadi salah satu data center yang sudah bersertifikat internasional RATED 3 data center yang diterbitkan oleh TIA-942.

Baca Juga  API PeduliLindungi – Integrasi Data Vaksin Lebih Mudah

Itulah 3 data center dari antmediahost.com yang siap menjaga server Anda dengan sebaik mungkin. Tunggu apalagi? Yuk, manfaatkan layanan Colocation Server terbaik dari antmediahost.com! Semoga bermanfaat!

Bagikan: