Pada acara Wisuda ke-6 Universitas Pertamina, Sabtu (21/05) Prof. Ir. I Gusti Nyoman Wiratmaja Puja, Ph.D., selaku Rektor Universitas Pertamina mengapresiasi para wisudawan yang telah menyelesaikan masa studi dengan baik di tengah kondisi dunia yang sedang berjuang melawan COVID-19.

Wisuda ke-6 Tahun 2022, Universitas Pertamina telah meluluskan 326 sarjana dari 15 program studi. Dari jumlah tersebut, 28,5 persen atau 93 wisudawan di antaranya berhasil meraih predikat cumlaude. Tak hanya menyelesaikan studinya dengan baik, para alumni dari Kampus Energi ini juga berhasil meraih sejumlah prestasi gemilang di berbagai bidang.

Salah satunya adalah Astri Yana, dari Program Studi Manajemen. Astri mempunyai ketertarikan lebih pada kegiatan sociopreneur. Kini, Astri sedang mengembangkan sebuah platform sociopreneur yang diberi nama SATU. Akronim dari kata ‘Saling Bantu’.

Astri berujar bahwa aplikasi ini bertujuan membantu masyarakat yang memiliki barang-barang yang masih layak pakai, namun sudah tidak digunakan. Nantinya, barang tersebut akan dijual dan hasilnya didonasikan melalui peran organisasi sosial kemasyarakatan.

Melalui SATU, donatur, pembeli dan penerima donasi bisa saling terhubung satu sama lain. Untuk penjualan barang bekas, akan dilakukan dengan skema lelang. Aplikasi ini juga mempunyai dua fitur lainnya, yaitu donasi barang dan patungan berkah.

Ide bisnis Astri tersebut ternyata pernah memenangkan Gold Award di Acara International Bussines Idea Challenge (IBIC) yang dilaksanakan oleh Malaysia Multimedia University pada tahun 2020 lalu.

Perkembangan Sociopreneur di Indonesia

Dalam lima tahun terakhir, British Council telah mencatat tren kegiatan sociopreneur atau social enterprises mengalami peningkatan hingga 70 persen di Indonesia. Sebanyak 67 persen dari 1,388 organisasi dan unit usaha sosial yang disurvei, dipimpin oleh millenial dan generasi Z dengan rentang usia 18 hingga 34 tahun.

Baca Juga  Kenapa Harus Memilih Sekolah Berkurikulum Internasional? Ini Kelebihannya

Menurut riset British Council juga, hingga tahun 2018 industri sociopreneur berkontribusi sebesar 1,91 persen dari PDB Indonesia. Di mana, angka tersebut setara dengan 19,4 Miliar Rupiah.

Masih dalam sambutannya, Prof. Ir. I Gusti Nyoman Wiratmaja Puja, Ph.D mengatakan, Universitas Pertamina pada Tahun Akademik 2022/2023 telah menyiapkan beasiswa dengan total 22,5 Miliar Rupiah untuk mendorong prestasi mahasiswa.

Selain program beasiswa, kampus berjuluk Kampus Teknologi Bisnis Energi ini juga mendorong prestasi melalui kerja sama dengan berbagai mitra internasional. Ada sekitar 33 mitra internasional yang dimiliki Universitas Pertamina saat ini.

Informasi selengkapnya tentang Universitas Pertamina bisa diakses melalui situs resminya di universitaspertamina.ac.id. Semoga bermanfaat!

Bagikan: