Tubuh sangat memerlukan asupan nutrisi utama seperti karbohidrat, protein, dan lemak untuk menjaga daya tahan atau kekebalan tubuh. Vitamin yang terkandung di dalamnya memiliki peranan masing-masing, seperti vitamin A yang baik untuk kesehatan mata, vitamin C yang baik untuk menjaga daya tahan tubuh, dan vitamin E untuk mendukung kecantikan kulit.

Vitamin B juga memiliki peranan yang cukup penting di dalam tubuh. Maka, Anda perlu asupan vitamin ini dari makanan atau suplemen yang mengandung vitamin B. Vitamin B ini terdiri dari beberapa jenis dan memiliki fungsi penting bagi tubuh.

Anda bisa menemukan nutrisi ini dalam berbagai makanan sehari-hari, terutama sumber makanan hewani. Berikut ini adalah berbagai manfaat kesehatan dari masing-masing jenis vitamin B, di antaranya:

Vitamin B1

Vitamin B1 atau thiamine bermanfaat untuk menjaga sistem saraf agar tetap sehat, serta membantu kinerja metabolisme tubuh dalam menghasilkan nutrisi dan energi.

Vitamin B1 juga Anda perlukan untuk pertumbuhan dan perkembangan fungsi sel dan jaringan tubuh. Anda bisa melengkapi kebutuhan harian vitamin ini dengan mengonsumsi nasi merah, roti gandum, jeruk, pisang, sereal dan kacang-kacangan.

Vitamin B2

Asupan vitamin B2 (riboflavin) harus tercukupi karena memiliki peran yang penting dalam menjaga kesehatan tubuh. Khususnya kulit, mata, sistem saraf serta membantu proses pencernaan karbohidrat, protein dan lemak dalam makanan.

Anda bisa mendapatkan sumber vitamin B2 yang baik dari konsumsi makanan dan minuman, seperti kuning telur, daging, tuna, salmon, kacang almond, kedelai, gandum, dan susu.

Vitamin B3

Manfaat dari vitamin B3 atau niacin ini di antaranya untuk menjaga fungsi sistem saraf, menjaga kesehatan kulit, dan membantu tubuh dalam menghasilkan energi.

Baca Juga  Yukk Buat CV Lamaran Kerja yang Menarik dan Berkualitas Bersama BikinCV!

Sumber vitamin B3 terbaik bisa Anda temukan pada daging, ikan, dan juga telur. Jumlah asupan vitamin B3 yang disarankan bagi orang dewasa ialah sekitar 14 – 16 miligram per harinya.

Vitamin B5

Vitamin B5 (pantothenic acid) memiliki peranan dalam proses pertumbuhan dan mendukung produksi hormon di dalam tubuh. Vitamin satu ini bisa Anda temukan hampir di semua sayuran, termasuk makanan gandum, okra, dan juga daging.

Vitamin B6

Pyridoxine atau vitamin B6 ini bermanfaat dalam pembentukan hemoglobin, yaitu komponen sel darah merah yang berfungsi untuk mengedarkan oksigen ke seluruh tubuh.

Selain itu, vitamin B6 juga mampu mengubah protein dan karbohidrat dari makanan menjadi energi. Anda bisa mendapatkan asupan vitamin ini dari kacang-kacangan, kentang, daging ayam, ikan, pisang serta susu.

Masih banyak lagi kegunaan vitamin B ini, di antaranya vitamin B7 yang bisa membantu mengubah makanan menjadi energi, vitamin B9 yang berperan besar dalam produksi sel merah, dan vitamin B12 yang bermanfaat untuk menjaga sistem saraf dan imunitas tubuh tetap sehat. Semoga artikel ini bermanfaat, ya!

Bagikan: