Kulit yang memerah atau ruam, rambut rontok, hingga kehilangan berat badan merupakan salah satu ciri-ciri dari infeksi penyebab kutu atau cacing pada anjing. Untuk mencegahnya, kamu bisa mulai dengan memperhatikan makanan yang dimakan kesayangan kamu dan menjaga kebersihan tempat tinggal.

Apabila anjing peliharaan kamu sudah terinfeksi, segeralah beri mereka obat anti parasit, salah satunya adalah Nexgard. Obat ini memang sudah banyak dikenal sebagai obat yang aman untuk diberikan pada anjing peliharaan.

Akan tetapi, tidak sedikit orang yang masih bingung dengan perbedaan antara Nexgard dan NexGard Spectra. Keduanya sama-sama produk yang dihasilkan dalam satu perusahaan. Namun, ada beberapa perbedaan di antara keduanya, termasuk dari segi fungsinya.

Nexgard 

Obat kunyah yang memiliki rasa daging ini memang diperuntukkan pada anjing yang terinfeksi oleh kutu, seperti kutu caplak, pinjal, dan tungau. Ini adalah beberapa contoh kutu yang bisa menyebabkan penyakit scabies dan demodex.

Pemberian obat ini adalah sebulan sekali, dan sangat efektif dalam membasmi kutu karena hanya dalam 24 jam saja, parasit terinfeksi akan mati.

NexGard Spectra

Perbedaan yang signifikan antara dua obat ini adalah pada spesifikasi target pembasmiannya. Tidak hanya kutu, cacing pun bisa dibasmi oleh obat yang satu ini. Berbagai jenis cacing yang menginfeksi saluran pencernaan seperti pada usus, yaitu tapeworm, roundworm, hookworm, whipworm, hingga heartworm. 

Jadi, pada intinya, obat ini merupakan perkembangan dari Nexgard yang memiliki lebih banyak keuntungan. Selain itu, obat ini bekerja dengan membunuh cacing hanya dalam waktu 6-8 jam. Sangat efektif, bukan?

Meski begitu, keduanya sama-sama obat kunyah yang aman dan baik untuk kesayangan kamu. Pastikan untuk berkonsultasi ke dokter terlebih dulu sebelum memberikannya obat.

Baca Juga  Berapa Jumlah Gigi pada Orang Dewasa? Berikut Ulasannya
Bagikan: