Peluang Kerja Lulusan S1 Teknik Komputer – Pada era digital seperti ini, teknologi dan informasi berkembang semakin pesat sehingga muncul berbagai pekerjaan baru. Pekerjaan tersebut bisa menjadi pilihan bagi para lulusan teknik komputer. Kini semua hal sudah mulai terintegrasi dengan digital sehingga kelimuan teknik komputer semakin dibutuhkan.

Maka dari itu, prospek kerja almuni S1 Teknik Komputer semakin terbuka. Peluang dan pasar bagi alumni S1 teknik komputer semakin luas dan banyak perusahaan yang mencari. Oleh sebab itu, tidak heran jika sarjana teknik komputer mempunyai pekerjaan yang gajinya relatif tinggi.

Peluang Kerja Lulusan S1 Teknik Komputer

Berikut ini daftar prospek kerja bagi Sobat Gurunda yang tertarik mengambil jurusan teknik komputer. Simak pembahasannya sampai selesai, ya.

Programmer

Programmer adalah seseorang yang memiliki tanggung jawab untuk membuat, memprogram, dan mengembangkan coding sistem software atau aplikasi. Profesi ini menjadi salah satu prospek kerja yang sangat luas karena banyak media, perusahaan, maupun start up yang membutuhkannya.

Dengan adanya programmer, masyarakat bisa berbelanja dengan mudah secara online melalui marketplace ketika tidak memungkinkan untuk mengunjungi toko secara langsung.

Data Scientist dan Data Analyst

Dua profesi tersbeuut kurang lebih memiliki pekerjaan yang hampir sama, yakni bertanggung jawab terhadap pengumpulan, pengekstrakan, dan penginterpretasian data mentah dengan menggunakan algoritma machine.

Interpretasi tersebut berguna agar data bisa menjadi informasi yang berharga untuk pengambilan keputusan yang tepat. Seseorang yang bekerja sebagai data scientist dan data analyst harus mempunyai pengalaman dan kemampuan yang memadai dalam data mining, analytic tools, statistik, matematika, dan bahasa pemrograman.

Baca Juga  Rekomendasi Tayangan Ramadhan di Netflix, Temani Saat Ngabuburit

Software Developer

Peluang Kerja Lulusan S1 Teknik Komputer juga dapat bekerja sebagai software developer atau pengembang perangkat lunak. Pekerjaan yang satu ini berkaitan dengan pembuatan software seperti aplikasi yang berbasis komputer maupun gadget.

Profesi ini mengerjakan beberapa hal seperti menyusun bahasa pemrograman, melakukan riset dan analisis, menyiapkan desain, maintenance, sampai menguji perangkat lunak.

Profesi ini memang sangat menjanjikan di masa yang akan datang karena hampir semua pekerjaan penciptaan perangkat lunak baru ditangani oleh software development.

Computer and Network Engineer

Apabila terdapat pekerjaan di bidang perangkat lunak, berarti ada juga profesi yang bergerak di bidang perangkat keras atau yang lebih terkenal dengan sebutan hardware. Lulusan dari teknik komputer bisa menjadi seorang teknisi komputer dan jaringan yang pekerjaannya banyak berkaitan dengan dunia perangkat keras.

Jadi, pekerjaan dari teknisi komputer dan jaringan ini meliputi perbaikan berbagai gangguan perangkat komputer sampai pemasangan jaringan.

Digital Entrepreneur

Profesi yang satu ini mungkin masih asing di telinga. Akan tetapi, era digital yang semakin berkembang membuat banyak bisnis berbasis digital tumbuh lebih cepat. Dengan kemampuan yang kamu miliki sebagai lulusan ilmu komputer, kamu bisa menjadi seorang digital entrepreneur yang profesional.

Tugas dari pekerjaan ini adalah menganalisis data sampai membuat strategi pemasaran yang dibutuhkan oleh suatu bisnis. Data tersebut berguna untuk membuat keputusan yang tepat dalam proses digital marketing.

Web Developer

Profesi yang satu ini memang sering dicari oleh berbagai perusahaan di Indonesia karena media, start up, atau perusahaan harus memiliki website agar bisa mempromosikan produk maupun jasanya secara digital.

Web developer memiliki tanggung jawab untuk membangun website guna menambah engagement yang dampaknya adalah meningkatnya minat masyarakat membeli produk atau jasa yang sedang ditawarkan.

Baca Juga  Fase Dalam Pernikahan yang Akan Dihadapi Oleh Pasangan

Seseorang yang bekerja sebagai web developer harus memiliki kemampuan yang memadai dalam mengatur domain, membuat basis data, mengembangkan, hingga memelihara website.

Satu hal lagi yang menarik dari pekerjaan web developer adalah tidak hanya bisa bekerja di suatu perusahaan, namun kamu juga dapat bekerja secara freelance sehingga kamu mampu bekerja di beberapa perusahaan sekaligus.

Konsultan IT   

Konsultan IT memiliki tanggung jawab menjadi orang yang menjembatani antara tim teknis dengan klien guna mengatasi berbagai masalah IT. Masalah tersebut berhubungan dengan sistem dan operasional perusahaan kline melalui cara seperti memberikan saran, merancang, dan menerapkan sistem teknologi untuk mendapatkan jalan keluar bagi klien.

Seorang konsultan IT juga harus mempunyai kemampuan analisis sistem arsitektur atau struktur TI perusahaan, inefisiensi, mampu mengidentifikasi masalah, dan kelemahan sistem IT sehingga mampu memberikan saran mengenai praktek solusi terbaik.

Demikianlah beberapa Peluang Kerja Lulusan S1 Teknik Komputer. Bagi kamu yang ingin mengambil jurusan teknik komputer, kamu bisa mendaftarkan diri ke Program Studi S1 Teknik Komputer Universitas Muhammadiyah Lamongan (UMLA) sebagai Universitas terbaik di Lamongan.

Ada berbagai bidang minat yang bisa memperkuat pengetahuan dan pengalamanmu di Prodi S1 Teknik Komputer UMLA, yakni web design, PHP training, robotic, networking, artificial intelligent, dan system embeded.

Teknik Komputer UMLA sendiri telah berkomitmen untuk menyelenggarakan perkualiahan yang berkualitas sesuai standar nasional dalam keilmuan Teknik Komputer. Selain itu, terdapat pengembangan penelitian yang inovatif dalam bidang Network Computing dan Intelligent System.

Tertarik untuk masuk Prodi S1 Teknik Komputer UMLA? Silahkan kunjungi umla.ac.id untuk informasi lebih lengkapnya. Semoga ulasan tadi mampu menambah semangat Sobat Gurunda untuk menjadi lulusan Teknik Komputer berkualitas dan berwawasan luas.

Baca Juga  Rumah Sosial Kutub, Salah Satu Lembaga Amil Zakat Terpecaya
Bagikan: