Penyebab haid tidak lancar bisa disebabkan beberapa faktor, mulai dari yang sepele hingga gejala serius. Haid yang tidak teratur merupakan kondisi di mana siklus menstruasi tidak sesuai dengan rentang normal pada setiap bulannya.

Siklus menstruasi dihitung mulai dari hari pertama haid sampai hari pertama berikutnya. Normalnya, siklus haid terjadi sekitar 21 – 35 hari dan berlangsung secara konsisten pada setiap periodenya. Untuk berlangsungnya waktu menstruasi, umumnya sekitar 2 hingga 7 hari.

Biasanya, siklus bulanan yang tidak lancar sering terjadi di awal pertama kali menstruasi, yakni saat memasuki waktu puber. Oleh sebab itu, terkadang sulit untuk memprediksi periode menstruasi bulan berikutnya pada remaja perempuan. Kondisi tersebut bisa dipicu oleh berbagai faktor.

Mulai dari kondisi kejiwaan, ketidakseimbangan hormon hingga berat badan yang terlalu rendah atau justru kelebihan berat badan. Seperti yang sudah dibahas di awal, siklus haid yang tidak lancar dipengaruhi oleh banyak faktor. Tetapi, bukan berarti tidak ada cara untuk memperbaikinya.

Berikut ini merupakan cara mengatasi siklus menstruasi yang tidak lancar atau tidak teratur yang bisa kamu coba. Simak baik-baik, ya!

Yoga

Cara pertama adalah dengan melakukan yoga. Kegiatan ini dipercaya bisa menjadi pengobatan efektif untuk masalah menstruasi. Hal ini dibuktikan melalui penelitian dengan objek 126 peserta yang melakukan yoga secara rutin dengan durasi 35 – 40 menit selama 5 hari per minggu.

Hasilnya adalah rutinitas tersebut mampu menyeimbangkan hormon, sehingga mencegah siklus menstruasi jadi berantakan. Terbukti ya, jika gerakan yoga bisa mengatasi masalah menstruasi yang tidak teratur. Selain itu, yoga juga bisa mengurangi rasa sakit saat PMS.

Baca Juga  Inilah Alasan Mengapa Perlu Menggunakan Jasa Pembuatan Website

Rutin Berolahraga

Olahraga secara rutin mempunyai berbagai macam bermanfaat bagi kesehatan. Salah satunya sebagai pengobatan dari PCOS atau sindrom ovarium polikistik. PCOS merupakan salah satu penyebab siklus menstruasi jadi tidak lancar.

Mulailah untuk rutin berolahraga agar bisa mengatasi siklus menstruasi yang berantakan. Kamu bisa memulai rutinitas tersebut dengan cara jogging di sekitar rumah atau kantor selama 30 menit sehari. Bisa juga dengan mencoba olahraga kardio seperti bersepeda atau berenang.

Makan Buah Nanas

Cara mengatasi siklus haid tidak lancar selanjutnya adalah mengonsumsi buah nanas. Pasalnya, tumbuhan tropis berwarna kuning ini mengandung bromelain, yakni enzim yang bisa melunakkan lapisan rahim. Sehingga, siklus menstruasi kamu bisa teratur.

Molekul protein dari nanas juga dipercaya sebagai pereda nyeri saat PMS. Meski begitu, belum terlalu banyak penelitian yang membahas manfaat nanas untuk mengatasi siklus menstruasi tidak teratur.

Namun, tidak ada salahnya untuk mencoba. Nanas pun bisa menjadi camilan sehat dan segar. Kamu dianjurkan mengonsumsi buah nanas minimal 80 gram buah per hari.

Konsumsi Cuka Apel

Faktanya, rasa pahit yang ada di cuka apel bisa mengatasi haid tidak lancar, lho! Sebuah studi pada tahun 2013 mengungkapkan bahwa, minum sebanyak 15 ml cuka apel bisa mengembalikan siklus haid kamu.

Selain itu, cuka apel juga bsia membantu untuk menurunkan gula darah, berat badan serta kadar insulin. Kamu disarankan untuk meminum cuka apel dengan campuran madu dan air secukupnya, agar menghilangkan sedikit sensasi pahit dari cuka apelnya.

Nah, itulah dia beberapa cara untuk mengatasi penyebab haid tidak lancar. Saat menstruasi, kamu pasti sering khawatir jika mengalami kebocoran. Maka dari itu, gunakan pembalut Charm Body Fit Maxi Wing 23 cm. Fitur Lock Wing-nya tidak akan membuat pembalut mudah bergeser.

Baca Juga  4 Tips Sukses Sekolah Online untuk Kamu

Atau bisa juga menggunakan Charm Cooling Fresh yang sensasi dinginnya membuatmu lebih nyaman dan say goodbye to pengap! Informasi selengkapnya bisa klik charmgirlstalk.com. Semoga bermanfaat!

Bagikan: