Selain laut dan pantai yang indah, sungai-sungai di Bali juga tak kalah cantik. Beberapa sungai ada yang digunakan untuk wisata rafting atau arung jeram. Ada sungai yang berarus sedang, cocok untuk pemula. Ada pula yang berarus deras dan berbatu yang lebih menantang.

Jika kamu ingin mencoba wisata rafting, bisa memanfaatkan paket tur dari Top Bali Tours. Berikut ini adalah beberapa rekomendasi wisata arung jeram di Bali yang wajib kamu coba. Simak baik-baik, ya!

Sungai Ayung

Sungai ayung adalah sungai terpanjang di Bali yang memiliki panjang sekitar 62 kilometer. Tetapi, yang menjadi titik paling seru untuk arung jeram letaknya berada di Ubud, Kabupaten Gianyar, Bali.

Untuk menuju sungai ini, kamu harus berjalan kaki menuruni ratusan anak tangga. Sungai Ayung memiliki arus yang tidak terlalu deras, cukup aman untuk pemula dan anak-anak.

Selama mengarungi sungai, kamu akan menemui berbagai macam panorama seperti bendungan, curug kecil, tebing hijau, pepohonan hijau nan rindang serta kicau burung yang memanjakan telinga.

Telaga Waja

Jika kamu merasa Sungai Ayung belum cukup memacu adrenalin, cobalah rafting ke Sungai Telaga Waja yang memiliki lebih arus deras. Telaga Waja berlokasi di Kecamatan Rendang, Kabupaten Karangasem, Bali.

Di sana banyak pengelola rafting yang bisa kamu pilih. Kamu akan diajak menyusuri sungai dengan rute sepanjang 16 km selama kurang lebih 2,5 jam. Selama perjalanan, kamu tidak hanya akan mendayung. Karena, di beberapa titik harus siap merunduk, telentang dan siap untuk bermanuver. Tentunya, hal ini akan memacu adrenalinmu.

Sungai Petanu

Selanjutnya, ada Sungai Petanu yang juga berada di Kabupaten Gianyar. Sungai ini mengalir cukup deras, sumbernya berasal dari mata air jernih beberapa pegunungan Kintamani.

Baca Juga  Mitologi Yunani: Kisah Hades dan Persephone yang Menjadi Cikal Bakal Adanya Musim di Dunia

Sungai satu ini cocok sekali bagi kamu yang menyukai tantangan ekstrem. Batu-batuan kecil di sungai akan menambah keseruan rafting.

Sungai Melangit

Terakhir, ada wisata rafting di Sungai Melangit. Lokasinya berada di Desa Bakas, Kecamatan Klungkung, Kabupaten Gianyar, Bali. Sungai ini menawarkan petualangan yang tidak kalah ekstrem. Kamu akan dibawa menyusuri jalur sepanjang 7,5 km dalam waktu 1,5 jam.

Rute ini mempunyai tingkat kesulitan cukup tinggi. Ada sekitar 30 turunan di sepanjang perjalanan yang membuatmu akan berteriak seru. Tidak hanya memacu adrenalin, rute di Sungai Melangit juga menyuguhkan keindahan alam air terjun dan hutan hujan yang masih hijau.

Itulah beberapa rekomendasi wisata rafting di Bali yang seru dan memacu adrenalin. Top Bali Tours menawarkan paket Telaga Waja Rafting dan Bali Scenery Day Tour. Kamu akan mendapatkan pengalaman rafting yang seru sepanjang Kintamani, Uluwatu, Ubud dan Tanah Lot.

Itu semua juga sudah termasuk Top Bali Drivers yang berpengalaman dan siap mengantarkanmu ke lokasi tujuan. Informasi selengkapnya bisa kamu lihat di laman topbalitours.com. Semoga bisa membantu!

Bagikan: