Camilan sehat untuk balita – Berbicara mengenai makanan, balita merupakan usia yang sedang senang mencoba beragam rasa dan tekstur. Balita akan sangat semangat dan tertarik menjajal makanan apapun yang belum pernah mereka lihat dan rasakan. Tak terkecuali makanan berupa camilan sehat untuk balita.

Sebab itulah, Bunda perlu mengatur pemberian camilan pada buah hati. Berikut terdapat beberapa hal yang perlu Bunda perhatikan. Simak penjelasan dari Wiklypedia di bawah ini, ya!

Sesuaikan Camilan dengan Usia

  • Usia 1-2 tahun

Anak dengan usia kurang dari 2 tahun memang masih pada tahap yang sangat aktif. Camilan sehat yang aman untuk usia 1-2 tahun, berupa serial, potongan buah yang kecil dan berstruktur lunak, keju potong, dan susu.

Makanan selingan bisa Bunda berikan ketika anak sedang menunggu jam makan utamanya. Dengan cara ini, buah hati akan lebih tahu jadwal makannya karena sudah terbiasa.

  • Usia 3-5 tahun

Ketika si Kecil sudah masuk usia 3-5 tahun, rasa penasarannya akan semakin besar. Balita pada usia ini sudah mampu mengutarakan apa yang dia rasakan. Misalnya, dia merasa lapar atau merasa bosan dengan makanannya.

Makanan selingan yang sehat bagi usia 3-5 tahun, berupa buah potong yang irisannya tidak terlalu besar, sayur iris, susu atau yogurt, keju, dan keripik dari gandum. Makanan ini mengandung vitamin B yang baik untuk kesehatan si kecil. Bunda bisa menghindari camilan terlalu manis, seperti permen atau kue. Makanan dengan cita rasa manis yang berlebihan akan menimbulkan risiko diabetes pada anak.

Perhatikan Waktu Pemberiannya

Bunda perlu melakukan pengaturan jadwal makan untuk buah hati. Batasi anak dalam mengonsumsi makanan selingan. Hal ini perlu Bunda lakukan karena camilan yang terlalu banyak akan mengganggu selera si Kecil ketika waktu makan utama. Anak akan merasa kenyang dan tidak menghabiskan porsi makan utamanya.

Baca Juga  Wisudawan Angkat Bicara Terkait Sociopreneur, Karir Baru Bagi Milenials dan Gen Z

Umumnya, anak membutuhkan makan setiap 3-4 jam sekali. Sebab itu, Bunda bisa mengatur pola makan si Kecil dengan 5-6 kali makan per hari dengan 3 kali makan utama dan 2-3 kali makan camilan. Bunda juga bisa mengajak anak untuk terlibat dalam proses pembuatan camilan sebagai salah satu cara mengurangi anak kecanduan gawai.

Pola makan yang teratur akan membuat berat badan dan asupan gizi yang masuk dalam tubuh lebih terkontrol. Bunda bisa memberikan camilan sehat 1-2 jam sebelum makan utama.

Nah, itulah dua hal yang perlu Bunda perhatikan sebelum memberikan camilan sehat. Seimbangkan nutrisi pada makanan utama dengan menyajikan camilan sehat untuk balita sesuai dengan usia dan waktu yang tepat. Selamat membaca. Semoga bermanfaat!

Bagikan: