Contoh pengamalan sila pertama di sekolah – Pancasila tidak hadir sebagai dasar negara saja, yang biasa terpampang di dinding instansi atau sekolah. Dasar negara seharusnya juga turut masyarakat Indonesia aplikasikan dalam kehidupan sehari-hari. Untuk apa hafal semua sila, tetapi pengamalannya nol besar?

Sesuai namanya, pancasila terdiri dari lima sila atau lima dasar yang harus masyarakat teladani dalam kehidupan sehari-hari, termasuk di lingkungan sekolah. Siswa-siswi wajib melakukan contoh yang menunjukkan pengamalan sila pertama di sekolah, tidak hanya mereka dengar atau baca saat upacara bendera saja.

Tidak hanya sila pertama, seluruh sila mulai dari 1 sampai 5 haruslah siswa-siswi teladani agar tercipta lingkungan pendidikan yang aman dan nyaman bagi semua orang.

Contoh Perilaku yang Menunjukkan Pengamalan Sila Pertama Pancasila

Salah satu sila dalam Pancasila yang sangat penting untuk siswa-siswi pahami dan praktekkan adalah sila pertama. Sila pertama berbunyi, “Ketuhanan Yang Maha Esa”. Sempat terjadi perdebatan pada awal-awal pengesahan Pancasila pada masa kemerdekaan, karena dianggap hanya berpihak pada satu agama.

Sehingga, jadilah sila pertama yang seperti kebanyakan orang tahu. Lantas, apa saja contoh pengamalan sila pertama di sekolah?

Menyatakan Kepercayaan dan Ketakwaan kepada Tuhan Yang Maha Esa

Tidak hanya dalam kehidupan bermasyarakat, di sekolah pun siswa-siswi harus mengamalkan sila pertama Pancasila dengan menyatakan kepercayaan dan ketakwaan kepada Tuhan Yang Maha Esa. Di sekolah ada banyak siswa-siswi dari beragam agama, dan mempunyai Tuhannya masing-masing.

Baca Juga  Contoh Karya Auratic Painting Blockchain Paling Keren

Dengan mengamalkan sikap ini, maka siswa dan siswi akan menjadi umat yang bertakwa di hadapan Tuhan Yang Maha Esa. Karena, nilai-nilai agama juga bisa mengikat mereka dari perbuatan tercela yang bisa saja mencoreng nama baik sekolah.

Melaksanakan Ibadah Sesuai dengan Agama yang Dianut

Tentunya, masing-masing agama memiliki rutinitas ibadah. Setiap ibadah mempunyai aturan atau pedoman yang perlu penganutnya ikuti dengan baik dan benar.

Termasuk siswa-siswi yang harus melaksanakan ibadah sesuai dengan agama yang mereka anut sebagai bentuk pengamalan sila pertama Pancasila ini.

Tidak Menganggu Ibadah Orang Lain yang Berbeda Agama

Perilaku yang tidak mencerminkan contoh pengamalan sila pertama di sekolah adalah mengganggu teman berbeda agama yang sedah melakukan ibadah. Sudah jelas hal tersebut juga melanggar hak asasi manusia, karena setiap orang mempunyai kesempatan yang sama untuk memeluk agama yang mereka percayai.

Jadi, siswa-siswi di sekolah tidak boleh mengganggu ibadah teman yang agamanya berbeda dengan mereka. Sebenarnya, ada juga teman yang beragama sama namun sering kali mengganggu temannya yang tengah beribadah dengan menggodanya. Sebaiknya, hindari sikap tidak terpuji ini agar tidak timbul hal-hal yang tidak semestinya terjadi.

Mengembangkan Sikap Toleransi Antarumat Beragama

Pengamalan satu ini sangat penting untuk siswa-siswi lakukan di lingkungan sekolah, yakni bersikap toleransi dalam menyikapi perbedaan agama. Pastinya, di setiap sekolah (bukan yang khusus sekolah agama tertentu) memiliki banyak siswa-siswi yang berbeda-beda agamanya.

Banyak sekali kasus intoleran pada umat beragama lain yang sering memicu perpecahan antar agama. Sikap  toleransi ini harus mulai diterapkan sejak dini, baik di lingkungan keluarga atau sekolah. Agar nantinya, tidak terjadi lagi kasus-kasus intoleran yang bisa mengancam persatuan bangsa.

Baca Juga  Guru Wajib Tahu! Begini Cara Mendidik Siswa Berkebutuhan Khusus

Tidak Memaksakan Agama yang Dipercaya Kepada Orang Lain

Setiap orang memiliki hak menentukan nasibnya sendiri, termasuk dalam hak memilih agama. Maka, tidak ada yang boleh memaksa orang lain untuk mempercayai agama yang mereka anut.

Di lingkungan sekolah pun begitu. Pengamalan ini masih berhubungan dengan poin sebelumnya, di mana siswa-siswi harus saling menghormati dan menghargai perbedaan agama. Indonesia adalah negara multikultural, sudah sewajibnya kita menjaga persatuan dengan toleransi dan saling menghargai antar suku, ras, dan agama agar tidak memicu perselisihan di kemudian hari.

Itulah beberapa contoh pengamalan sila pertama di sekolah yang harus siswa-siswi teladani dan taati. Semoga informasi dari Gurunda bermanfaat, ya!

Bagikan: