Manfaat Home Schooling bagi anak – Home schooling merupakan teknik mendidik anak yang sudah terkenal di Indonesia. Teknik ini merupakan metode pendidikan informal yang menerapkan sistem sekolah di rumah. Metode ini dapat membantu anak belajar tanpa harus berangkat ke sekolah setiap hari.

Bahkan, si Kecil tidak perlu berangkat sebelum pukul 07.00 dan melakukan upacara di hari Senin. Saat ini sudah semakin banyak orang tua yang memilih home schooling untuk buah hatinya. Berikut ini beberapa manfaat home schooling bagi anak. Simak ulasan dari Gurunda sampai tuntas, ya!

Belajar Lebih Fleksibel

Home schooling merupakan sistem pendidikan tidak formal sehinga tidak ada aturan baku yang mengatur sistem pendidikannya. Oleh sebab itu, belajar menjadi lebih fleksibel dan orang tua menjadi lebih leluasa menentukan bagaimana sistem belajar anaknya.

Mulai dari kurikulum, guru, materi, hingga tempat semua tergantung kebutuhan anak. Tentunya, hal ini sangat berbeda dengan sekolah formal yang semua hal sudah memiliki aturan.

Pergaulan yang Aman

Beberapa orang tua cenderung khawatir dengan pergaulan anak ketika berada di sekolah. Dengan menggunakan sistem home schooling pada anak, orang tua menjadi lebih mampu memantau secara langsung pergaulan anak tanpa merasa khawatir lagi.

Saat ini sudah muncul komunitas home schooling di setiap daerah. Jadi, anggapan tentang anak home schooling kurang sosialisasi adalah salah. Justru, anak yang sedang melakukan home schooling juga belajar bergaul dengan beragam usia, tidak hanya yang seumuran saja.

Baca Juga  Keunggulan Cetak Buku di Dexa Printing Bandung

Potensi Lebih Berkembang

Setiap anak tidak akan bisa ahli di semua bidang. Hal ini karena kemampuan setiap anak berbeda-beda. Sudah menjadi tugas para orang tua untuk membantu si Kecil dalam mengembangkan potensinya.

Home schooling menjadi salah satu wadah untuk mengembangkan potensi anak tersebut. Anak bisa bebas menentukan materi apa yang ingin mereka fokuskan. Dengan langkah ini, potensi anak akan semakin terasah.

Suasana Belajar Lebih Menyenangkan

Suasana belajar yang menyenangkan akan mendukung anak dalam proses penyerapan dan pemahaman materi menjadi lebih baik. Home schooling merupakan sistem pendidikan yang fleksibel sehingga bisa belajar kapan pun dan di mana pun, bisa dibilang suasananya mirip sekolah online.

Dengan metode ini, anak tidak akan merasa bosan dengan suasana belajar yang monoton. Hal ini tentu akan berbeda dengan sekolah formal yang cenderung serius.

Membentuk Kepribadian

Dengan fokus pada kemampuan anak tanpa mengesampingkan ajaran lainnya. Pendidikan dengan sistem home schooling bisa membantu pembentukan karakter pada anak.

Memahami materi memang penting, namun kemampuan anak harus selalu terasah dengan optimal sehingga terbentuk kepribadian yang baik untuk masa depan.

Suasana Belajar yang Kondusif

Suasana belajar dengan menggunakan sistem home schooling jauh lebih kondusif. Hal ini karena hanya ada satu murid yang akan belajar bersama guru. Keadaan akan lebih tenang, nyaman, dan bersahabat dengan anak.

Tentunya, sistem ini sangat berbeda dengan sekolah formal yang terkadang kurang efektif dan efisien karena guru harus memerhatikan banyak siswa.

Orang Tua Lebih Tahu Perkembangan Anak

Dengan sistem home schooling, para orang tua akan lebih mudah memantau anaknya secara langsung. Maka dari itu, orang tua akan lebih paham bagaimana perkembangan anak.

Baca Juga  API PeduliLindungi – Integrasi Data Vaksin Lebih Mudah

Khususnya bagi orang tua yang memiliki anak remaja, karena bisa saling berkomunikasi dengan baik satu sama lain.

Demikianlah beberapa manfaat home schooling bagi anak yang perlu orang tua ketahui. Namun, perlu kita ingat bahwa, tidak selamanya home schooling lebih baik dari sekolah formal, dan begitu pun sebaliknya.

Hal yang paling penting adalah orang tua harus mengetahui apa yang anaknya inginkan. Diskusikan dengan baik sistem pendidikan seperti apa yang membuat anak nyaman belajar. Semoga bermanfaat!

Bagikan: