Tips Sukses Sekolah Online – Pandemi Covid-19 yang melanda dunia membuat kita harus beradaptasi dengan hal-hal yang baru. Termasuk dalam hal sekolah, kamu sebagai siswa menjadi melakukan pembelajaran jarak jauh atau online untuk tetap bisa menempuh pendidikan di masa pandemi.

Mungkin, kamu merasa kesulitan dalam melakukan metode pembelajaran yang baru ini. Yuk simak 4 tips sukses sekolah online dari Gurunda.com di bawah ini!

Tempat Belajar Online yang Terorganisir

Agar kamu tetap bisa produktif, kamu perlu menyiapkan tempat untuk sekolah online yang terorganisir. Maksudnya, kamu memilih tempat di rumah yang jauh dari gangguan. Namun, jika lokasi rumahmu memang berada di keramaian, kamu bisa mengakalinya dengan menggunakan headphone.

Pilihlah tempat yang nyaman, kalau bisa jangan di sofa atau tempat tidur. Selain itu, pastikan koneksi internet kamu juga tidak mengalami masalah.

‘Jauhkan’ Gangguan

Siapa yang sering tidak fokus ketika sekolah online? Biasanya, itu karena kamu terdistraksi oleh smartphone. Tanganmu tidak tahan bermain smartphone, entah untuk bermain games atau berselancar di media sosial.

Sehingga, kamu jadi tidak fokus belajar dan materi dari guru tidak terserap dnegan sempurna. Maka, ketika mulai sekolah online, jauhkan smartphone dari jangkauan atau lebih bagus mematikannya agar kamu lebih fokus menerima materi.

Time Management yang Baik

Sekolah online pasti membuat kepalamu ingin pecah karena banyaknya tugas yang guru berikan. Salah satu tips sukses sekolah online dan juga untuk menghindari mengerjakan tugas dengan Sistem Kebut Semalam (SMS), adalah membuat time management yang baik.

Kamu bisa memulainya dengan melihat silabus pada awal semester. Buat alokasi waktu yang jelas untuk setiap kegiatan yang kamu lakukan dalam sehari atau seminggu agar tugasmu juga tidak keteteran.

Baca Juga  Cara Mengatasi Anak Nakal Tanpa Memarahi, Yukk Coba Bunda!

Strategi Chunking

Maksud dari strategi chunking ini ialah dengan membagi tugas besar menjadi beberapa bagian kecil. Mulai dari menyimak materi dari guru, lalu mengerjakan tugas yang guru berikan, dan yang terakhir kamu bisa memberikan reward kepada diri sendiri.

Rewardnya bisa dalam bentuk makan snack atau menjauh dari depan laptop selama 30 menit. Hal ini perlu kamu lakukan agar tidak terus-terusan menatap laptop selama berjam-jam.

Nah, itulah 4 tips sukses sekolah online yang bisa kamu lakukan agar mudah beradaptasi dan membuat nilai sekolahmu tidak turun. Semoga artikel ini memberikan manfaat, ya!

Bagikan: