Sedekah merupakan suatu kegiatan yang wajib untuk seluruh umat Islam yang ada di dunia. Dengan bersedekah, akan membantu saudara-saudara muslim yang membutuhkan bantuan agar kehidupan mereka bisa menjadi sejahtera dan bisa lepas dari jerat kemiskinan.

Di zaman sekarang, sudah banyak sekali cara untuk melakukan sedekah. Bisa melalui online, inisiatif sendiri bersama teman-teman lain, atau melalui lembaga amil zakat yang sudah tersebar banyak di seluruh Indonesia. Salah satunya adalah Rumah Sosial Kutub, yakni lembaga sosial yang bergerak dalam menghimpun serta mengelola dana zakat, infaq, shodaqoh dan wakaf atau ZISWAF.

Selama tahun 2021 kemarin, lembaga sosial ini telah menyalurkan bantuan kepada 37.829 penerima manfaat yang tersebar di seluruh Indonesia. Rumah Sosial Kutub juga memiliki beberapa program bantuan yang beraneka ragam, salah satunya adalah sedekah subuh.

Berikut penjelasan singkat terkait program yang ada di Rumah Kutub Sosial, di antaranya:

Pendidikan Teladan

Program satu ini terbagi menjadi tiga, yaitu Sekolah Masjid Indonesia, Pesantren Tahfidz Greenpreneurs Yatim dan Dhuafa, serta Beasiswa Teladan. Ketiga program ini akan memberikan bantuan kepada anak yatim/dhuafa yang ingin meneruskan jenjang pendidikannya dan berkomitmen untuk menghafalkan Al-Qur’an secara mandiri.

Ekonomi Teladan

Dalam program Ekonomi Teladan ini terbagi lagi menjadi Bina Usaha Ternak, Bina Usaha Tani, OMTP (One Mosque Ten Preneurs), Bantuan Bibit Unggul dan Gerobak Tersenyum.

Semua program tersebut akan membantu para kaum dhuafa untuk meningkatkan perekonomiannya melalui usaha ternak, pertanian, perkebunan dan juga usaha-usaha lainnya.

 Sosial Teladan

Terdiri atas Sedekah Gizi Pangan, Pangan Gratis, Beras Untuk Santri, Senyum Ibu Pejuang, Senyum Ayah Pejuang, dan Rumah Tersenyum.

Program satu ini akan program yang bertujuan untuk meningkatkan kualitas gizi kaum dhuafa, dalam bentuk makanan gratis, sembako gratis, dan juga memberikan bantuan perbaikan rumah layak huni untuk masyarakat dhuafa yang menginspirasi.

Baca Juga  Manfaat Penggunaan Label Stiker Untuk Bisnis

Masih banyak lagi program-program yang diadakan oleh Rumah Sosial Kutub ini. Program terbaru yang kini sedang digalakkan adalah Gerakan Sedekah Minyak Jelantah dengan nama program Tersenyum dan hashtagnya #UbahMinyakJelantahMenjadi Sedekah.

Caranya dengan mengumpulkan minyak jelantah yang nanti akan menjadi bahan baku biodisel dengan nilai manfaat berupa dana sedekah guna mendukung program-program kemanusiaan, sosial, lingkungan dan kesehatan.

Rumah Sosial Kutub telah berkomitmen untuk menebarkan manfaat program ini semakin luas agar nisa menghadirkan senyum Indonesia melalui #IndonesiaTersenyum.

Demikian penjelasan singkat mengenai Rumah Sosial Kutub dan program-program yang akan membantu saudara-saudara kaum yatim dan dhuafa untuk mendapatkan jenjang pendidikan tinggi, serta meningkatkan perekonomian keluarga. Semoga bermanfaat!

Bagikan: