LMS atau singkatan dari Learning Management System menjadi istilah yang sudah tidak asing lagi bagi civitas akademik di perguruan tinggi. Sistem ini sudah ada sejak lama dan kini terkemas menjadi lebih modern dan mudah diterapkan.

Learning Management System adalah sebuah software yang terancang untuk melakukan manajemen pada bidang pendidikan. Mulai dari membuat, membagikan, sampai mengatur proses penyampaian materi bisa dilakukan di sana.

Sistem tersebut hadir dalam kegiatan belajar mengajar untuk membantu meningkatkan mutu dari pendidikan di sebuah intitusi pendidikan, termasuk perguruan tinggi. Berikut ini beberapa alasan mengapa LMS menjadi penting untuk diterapkan oleh perguruan tinggi Indonesia. Sobat Gurunda bisa menyimak ulasannya sampai selesai, ya.

Lebih Efisien Waktu dan Biaya

Pembelajaran yang memanfaatkan LMS bisa menghemat waktu dan biaya. Hal ini karena penggunaan perangkat lunak memungkin guru tidak harus berpindah ruangan ketika akan mengajar di kelas.

Dosen juga bisa menghemat waktu karena evaluasi nilai mahasiswa sudah terekam secara otomatis dalam aplikasi sehingga tidak perlu melakukannya dengan cara manual.

Selain itu, proses pembelajaran dengan LMS bisa menghemat biaya. Mahasiswa dan dosen tidak perlu mengeluarkan biaya tambahan untuk mencetak materi, pengadaan buku, dan lain sebagainya. Cukup dengan mengunduh materi yang dosen bagikan, kegiatan belajar dan mengajar sudah bisa terlaksana.

Menyediakan Bahan Ajar dengan Mudah

Pentingnya penggunaan LMS selanjutnya adalah sistem tersebut dapat memudahkan dosen dalam menyediakan bahan ajar. Hal tersebut karena dosen bisa membuat bahan ajar dalam beerbagai format seperti PPT, PDF, JPG, hingga format video MP4.

Baca Juga  Mengenal Berbagai Manfaat Penggunaan Dompet Digital Bagi UMKM

Selain itu, dosen juga bisa membagikan tautan untuk mahasiswanya sehingga kegiatan mengajar bisa berlangsung dengan lebih mudah dan efektif.

Lebih Praktis dan Fleksibel

Ketika menggunakan LMS, proses pembelajaran terasa lebih praktis dan fleksibel. Hal tersebut karena dosen dan mahasiswa tidak perlu menempuh perjalanan untuk melakukan kegiatan belajar mengajar.

Tidak hanya itu, dosen dan mahasiswa juga bisa melakukan kegiatan pembelajaran di mana dan kapan saja selama keadaan kondusif dan membantu tetap fokus.

Mudah dalam Pendokumentasian Berkas

Selain mengajar, dosen juga perlu menyelesaikan tugas administasi seperti rekap presensi, rekap penilaian mahasiswa, bahan ajar, lembar tugas mahasiswa, dan masih banyak lagi. pastinya, hal ini membuat dosen merasa kesulitan karena banyak yang harus dikerjakan dengan cermat.

ketika menggunakan LMS, dosen bisa melakukan dokumentasi pada setiap berkas dengan lebih mudah dan tidak perlu kebingunan mencari kemana berkas tersebut berada karena semua data telah tersimpan secara otomatis pada aplikasi. Dosen hanya perlu masuk ke akun LMS dan mengakses data yang dibutuhkan dengan mudah dan cepat.

Meminimalisir Mahasiswa Ketinggalan Materi

Biasanya, LMS akan menyediakan fitur yang memungkinkan dosen mengunggah bahan ajar. Dengan begitu, mahasiswa yang tidak bisa hadir bisa mengunduh materi tersebut di mana dan kapan pun.

Siswa yang kurang memahami materi pembelajaran juga bisa mengunduhnya untuk dipelajari lebih lanjut di luar waktu perkuliahan.

Demikianlah beberapa alasan pentingnya LMS diterapkan di perguruan tinggi. Salah satu platform edukasi yang mendukung proses pembelajaran menjadi lebih mudah, seru, dan menyenangkan adalah Plato.

Plato hadir dengan teknologi terbaru yang sudah terdukung oleh tim yang berpengalaman. Tidak hanya membantu para dosen dan mahasiswa fokus pada kegiatan belajar dan mengajar, Plato juga menyediakan fitur manajemen yang lengkap dan terintegrasi secara otomatis.

Baca Juga  Polytron Flexup 5 in 1, Kulkas 2 Pintu dengan Mode Kekinian yang Fleksibel

Platform Plato membuat proses manajemen kampus semakin mudah, mulai dari administrasi, manajemen kelas, pembayaran, dan lain sebagainya. Dengan adanya sistem task management, Plato memudahkan manajemen kewajiba semua pihak terkait seperti dosen, mahasiswa, admin, dan orangtua.

Bahkan, Plato juga memiliki analytics yang terintegrasi demi memudahkan membuat keputusan yang tepat dan relevan. Ingin segera menerapkan learning management system di kampus Anda? Yuk, segera kunjungi www.pla-to.com dan dapatkan informasi selengkapnya!

Bagikan: