AC Mobil bisa bekerja dengan optimal sesuai fungsinya jika kamu menggunakannya dengan baik. Tentunya, tanpa kamu sadari, terdapat beberapa kebiasaan yang membuat peforma AC mobil menjadi semakin menurun.

Jika hal ini kamu biarkan terus terjadi, maka AC mobil akan cepat rusak. Oleh sebab itu, hindari beberapa kebiasaan berikut ini agar AC mobilmu menjadi lebih awet. Simak penjelasannya hingga akhir, ya!

Membuka Jendela Ketika AC Mobil Menyala

Tidak jarang pengguna membuka jendela mobil di saat AC mobil masih menyala. Ternyata, hal ini juga bisa menyebabkan AC menjadi mudah rusak, lho. Jendela yang terbuka terlalu lama akan mengakibatkan kompresor mobil bekerja lebih keras untuk menurunkan suhu di dalam mobil.

Apabila hal ini sudah menjadi kebiasaan, maka daya hisap pada evaporator akan melemah dan AC mobil mudah rusak. Jadi, mulai sekarang selalu pastikan jendela tertutup rapat ketika AC masih menyala, ya!

Mematikan Mesin Ketika AC Masih Menyala

Biasanya, ketika sedang berhenti sejenak di suatu tempat, pengendara mobil mematikan mesin, namun AC mobil masih dalam keadaan menyala. Tujuan mereka melakukan ini adalah agar suhu di dalam mobil tetap terjaga kesejukannya sehingga ketika kembali mengendarainya, mereka tidak akan merasa gerah.

Kebiasaan ini memang tidak langsung mengakibatkan kinerja AC mobil menjadi lemah atau rusak. Akan tetapi, jika kamu melakukannya dalam waktu yang cukup lama, maka hal ini menjadi tidak baik untuk kesehatan AC mobilmu.

Perlu kamu tahu jika mematikan dan kemudian menghidupkan mesin mobil kembali membuat arus listrik pada bagian aki tidak stabil. Sedangkan, aki harus tetap mengalirkan listrik agar AC terus menyala. Tentunya, hal ini akan merusak komponen mobil, termasuk AC.

Baca Juga  Ini Dia Manfaat Paper Angle Dalam Industri

Membiarkan Kabin Mobil Kotor

Kabin yang tidak bersih bisa menyebabkan AC mobil cepat rusak juga, lho. Debu yang berada dalam mobil akan ikut mengotori filter AC. Dalam jangka waktu yang cukup lama, kotoran ini akan mengurangi kinerja komponen dalam AC sehingga umur AC semakin pendek.

Nah, itulah beberapa kebiasaan yang mempercepat kerusakan AC mobil. Kamu perlu memastikan selalu merawat mobil dan komponennya, terutama AC mobil agar tetap nyaman saat berkendara.

Tidak perlu bingung di mana harus melakukan perawatan AC mobil, kamu bisa langsung menghubungi Rotary Bintaro. Mereka siap memberikan perawatan AC mobil sesuai dengan skala kebutuhanmu.

Jika kamu tidak bisa mengantarnya ke bengkel, Rotary Bintaro juga menyediakan layanan antar-jemput mobil ke bengkel terdekat mereka. Penasaran dengan pelayanannya? Segera cek di rotarybintaro.co.id. Semoga bermanfaat!

List Blog Keren Rajabacklink
Bagikan:

Redaksi Gurunda.com

Rozak Al-Maftuhin | Pemred Gurunda.com | Owner Inspiratips Media

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.