Dalam pelaksanaan operasional tambang, POP Pertambangan mempunyai peran yang sangat penting. Pengawas Operasional Pertama (POP) ini bertugas dengan membawahi secara langsung karyawan pada bagian pelaksana.

Adanya tugas dan tanggung jawab yang begitu besar membuat POP ini harus mengetahui dengan baik apa kewajibannya sehingga mampu menjalankan tugas sebagaimana mestinya.

Kebutuhan tenaga profesional dalam bidang pertambangan mineral dan batu bara semakin meningkat. Hal ini bisa terlihat dari Peraturan Menteri ESDM Nomor 43 Tahun 2016 pasal 2 yang menyatakan bahwa semua pengawas operasional harus mempunyai sertifikat.

Permen tersebut memberlakukan standar kompetensi kerja khusus untuk pengawas operasional di bidang minerba sebagai suatu kewajiban perusahaan.

Standar tersebut berlaku karena besarnya tugas dan tanggung jawab yang harus seorang pengawas operasional pertambangan miliki. Dalam hal ini, salah satu tugas pengawas operasional adalah melaksanakan inspeksi, pemeriksaan, dan pengujian.

Selain itu, ada beberapa alasan penting yang melatarbelakangi mengapa Anda harus mengikuti Sertifikasi POP pertambangan. Simak pembahasannya sampai akhir, ya.

Mampu Menjaga Keselamatan Diri dan Orang Sekitar

Ketika Anda sudah mempelajari dan melewati tes yang telah diakui secara nasional. Maka secara kompetensi, Anda lebih mampu menjaga keselatan diri dan orang di sekitar saat bekerja pada lingkungan pertambangan daripada pekerja lain.

Negara Mengakui Kompetensi Anda Sebagai Pengawas

Saat Anda telah mengikuti pelatihan yang bersertifikasi BNSP (Badan Nasional Sertifikasi Profesi), secara tidak langsung Indonesia telah mengakui Anda sebagai seorang yang profesional di bidangnya.

Menaati Peraturan yang Berlaku

Salah satu kriteria bisa menjadi pengawas operasional menurut peraturan adalah mempunyai sertifikasi Kompetensi Pengawas Operasional. Jadi, kepemilikan Sertifikat POP merupakan kewajiban bagi para pengawas operasional tambang.

Baca Juga  Cermati Jadwal Upload Konten Agar Video TikTok Bisa FYP

Karir Lebih Cemerlang

Saat Anda mempunyai inisiatif secara mandiri mendaftarkan diri mengikuti sertifikasi POP Pertambangan. Maka, secara internal Anda merupakan orang yang mau belajar dan sedang berinvestasi resource untuk hal yang bermanfaat bagi karir. Sedangkan secara eksternal, perusahaan akan menilai lebih diri Anda daripada pekerja lain.

Peluang Karir Lebih Baik

Sudah bukan rahasia lagi jika lowongan pekerjaan profesional di tambang sebagian besar menginginkan calon pelamarnya telah mempunyai sertifikasi POP. Hal ini tentu menjadi sesuatu hal yang menjanjikan untuk Anda karena sertifikasi POP bisa membuka peluang karir lebih baik untuk masa depan Anda.

Apakah Anda ingin mengikuti sertifikasi POP Pertambangan? Jika iya, segera hubungi Formasi Bisnis Indonesia sebagai penyedia training POP Pertambangan sertifikasi BNSP. Cek semua persyaratannya hanya di formasibisnis.com dan segera daftarkan diri Anda. Semoga bermanfaat!

Bagikan: