Sudah banyak perusahaan bisnis yang semakin sadar dengan adanya layanan hosting yang sangat dibutuhkan oleh pelaku bisnis. Hal ini karena layanan hosting mampu membuat perusahaan semakin mudah dalam bekerja, terutama saat pengaksesan data.

Layanan hosting sendiri memiliki beberapa jenis, mulai dari shared posting, VPS hosting, dedicated hosting dan cloud hosting. Pastinya, setiap jenis memiliki perbedaannya masing-masing.

Berikut ini perbedaan yang terdapat pada cloud dan shared hosting, manakah yang lebih kamu butuhkan saat ini? Simak ulasannya hingga akhir, ya.

Kapasitas dan Perfoma

Shared hosting dalam satu server memang mempunyai kapasitas sumber daya yang cukup besar. Akan tetapi, kapasitas tersebut harus terbagi-bagi sehingga masing-masing penggunanya mempunyai sumber daya terbatas.

Hal ini berbeda dengan layanan cloud hosting yang mempunyai kapasitas terdedikasi. Artinya, sumber daya server ditentukan hanya untuk satu entitas saja, umumnya satu situs website.  Dengan kapasitas seperti ini, website akan lebih merasa untung.

Website akan memiliki sumber daya yang lebih stabil, memungkinkan pengaturan sumber daya yang lebih baik sesuai kebutuhan, dan server tidak akan terganggu oleh pengguna lain.

Keamanan

Shared hosting menggunakan keamanan wesbite akan terpengaruh oleh kegiatan dari situs lain yang berada di server yang sama. Sedangkan, cloud hosting memiliki tingkat keamanan yang lebih tinggi karena resource  tersedia dari beberapa server terpisah.

Oleh sebab itu, sebelum kamu memutuskan memilih jenis hosting untuk website, jangan lupa memperhatikan apakah layanan tersebut telah menyediakan keamanan data yang aman.

Skalabilitas

Shared hosting mempunyai sumber daya terbatas dan tidak bisa kamu tingkatkan sesuai dengan kebutuhan website. Oleh sebab itu, jika kamu membutuhkan sumber daya lebih banyak, sebaiknya kamu memilih jenis hosting yang lain.

Baca Juga  Cara Memilih Kamus Untuk Belajar Bahasa Arab

Berbeda dengan cloud hosting yang memiliki sumber daya yang bisa kamu tingkatkan maupun turunkan sesuai dengan kebutuhan website. Hal ini memungkinkan website lebih mampu berkembang dan menyesuaikan sumber daya secara real time tanpa khawatir downtime atau harus pindah hosting lain.

Dengan penggunaan cloud hosting dari Rumahweb, kamu bisa menyesuaikan pengelolaan dengan variasi peningkatan maupun penurunan lalu lintas sehingga lebih terasa fleksibel.

Selain itu, harga dari cloud hosting pun lebih murah daripada VPS. Walaupun begitu, fitur dari layanan cloud hosting Rumahweb pasti selalu memuaskan. Salah satu fitur yang sangat berguna untuk website adalah Turbo Booster dan Google Pagespeed lebih canggih.

Tidak hanya itu, untuk mendukung kecepatan website milikmu, terdapat redundant 10Gps Network, SSD/NVME storage, DNS tersebar di 8 lokasi, data compression, HTTP3/QUIC, serta optimized PHP.

Fitur unggulan dari cloud hosting siap membuat website semakin berkembang dan melesat. Yuk, segera dapatkan hosting terbaik dari Rumahweb dengan mengakses www.rumahweb.com. Semoga bermanfaat.

Bagikan: