Pendaftaran seleksi CPNS memang menjadi suatu hal yang banyak orang tunggu, terutama bagi mereka yang ingin berkarir sebagai ASN. Berdasarkan informasi terbaru, pendaftaran CPNS akan terbuka sampai Juli 2023.

Sembari menunggu periode pendaftaran, tidak ada salahnya kamu mengenal lebih jauh mengenai Seleksi Kemampuan Dasar (SKD) dan latihan soal CPNS. Dalam tes CPNS, ada beberapa jenis soal SKD yang harus kamu pelajari dengan baik. Apa sajakah jenis soal SKD pada tes CPNS? Simak pembahasannya berikut ini, ya.

Tes Wawasan Kebangsaan (TWK)

Jika kamu ingin lolos pada jenis tes ini, kamu perlu mempelajari beberapa topik terkait nasionalisme, bela negara, pilar negara, Pancasila, Bahasa Indonesia, Undang-Undang Dasar 1945, Negara Kesatuan Republik Indonesia, dan Bhinneka Tunggal Ika.

Tes wawasan kebangsaan ini bertujuan untuk menguji pengetahuanmu mengenai sistem tata negara Indonesia, peran dalam tataran global maupun regional, sejarah perjuangan bangsa, termasuk menguji kemampuan berbahasa Indonesia dengan baik dan benar.

Tes Intelegensi Umum (TIU)

Tes ini bertujuan untuk menguji beberapa kemampuan secara simultan. Pertama, ada tes intelegensi umum yang menguji kemampuan verbal dalam menyampaikan informasi secara tulisan maupun lisan.

Tes ini juga akan menguji kemampuan numerik dalam operasi hitungan angka dan melihat hubungan antar angka. Tidak hanya itu, TIU menguji kemampuan figural yang berhubungan dengan kecapakan mental dalam menganalisis diagram, gambar, dan simbol.

Kemudian, ujian kemampuan berpikir logis dalam melakukan penalaran yang sistematis dan runtut. Terakhir, TIU akan menguji kemampuan berpikir analitis dalam menjelaskan sebuah permasalahan.

Tes Karakteristik Pribadi (TKP)

Tes yang satu ini hadir untuk mengukur kemampuan dan orientasi seseorang dalam pelayanan publik dan orang lain, nilai sosial budayanya, kecakapanannya dalam bidang teknologi maupun informasi, profesionalisme, serta kesanggupannya dalam bekerja tuntas dan mandiri.

Baca Juga  Cara Aman Mengunduh WhatsApp GB di Situs Official Resminya

Selain itu, TKP juga ingin menilai semangat untuk berprestasi, kemampuan dalam inovasi dan kreasi, kemampuan beradaptasi, kemampuan dalam pengendalian diri, keinginan untuk terus belajar secara berkelanjutan, kecakapan dalam bekerja secara kelompok, serta kemampuan melakukan koordinasi dengan orang lain. Bahkan, tes ini juga akan mengukur integritas dan jejaring kerja seseorang.

Memang banyak soal yang harus kamu selesaikan sebelum tujuanmu sebagai seorang PNS tercapai. Oleh sebab itu, sebaiknya kamu melakukan persiapan yang matang dengan belajar materi ujian sejak sekarang. Misalnya, mengikuti beberapa latihan soal seperti try out CPNS online dari ASN Institute.

Tenang saja, kamu akan  mendapatkan mentor profesional dalam bidangnya, akses belajar yang fleksibel, sistem pembelajaran interaktif, dan materi terbaru dengan harga yang terjangkau di ASN Institute.

Latihan soal dan try out CPNS dari ASN Institute disusun oleh tim yang telah lama terjun di dunia pendidikan, mempunyai pengalaman mengajar tahunan, dan sangat familiar dalam memberikan bimbingan yang tepat.

Yuk, latihan soal CPNS dengan try out CPNS dari ASN Institute. Untuk informasi selanjutnya, silakan kunjungi www.asninstitute.id. Semoga bermanfaat!

Bagikan: