Pembukuan merupakan salah satu proses yang seringkali dilupakan para pelaku usaha. Padahal, pembukuan sangatlah penting bagi usaha berskala besar maupun kecil karena mempunyai banyak fungsi. Seperti untuk menilai kondisi keuangan atau mengukur pertumbuhan dan profitabilitas bisnis.

Pebisnis hanya berfokus pada bagaimana cara agar produk atau jasa yang ditawarkan bisa terjual dan dikenal oleh banyak orang, sehingga lupa bahwa pembukuan juga begitu penting bagi bisnis.

Dalam proses akuntansi ini, kita harus mencatat uang keluar dan juga yang yang masuk, sebab dokumentasi ini adalah kuncinya. Sehingga, harus cermat dan pandai dalam mengaturnya. Beberapa manfaat yang bisa kita peroleh dengan membuat pembukuan keuangan antara lain:

  • Meminimalkan risiko hilangnya, produk, aset atau bahkan uang
  • Bisa mengetahui jumlah pajak yang harus dibayar
  • Memengaruhi aset dan laba rugi usaha di masa yang akan datang
  • Mengetahui jumlah utang maupun piutang
  • Melakukan pemantauan biaya operasional usaha
  • Mengetahui kemajuan dari bisnis yang dijalankan

Cara Sederhana Membuat Pembukuan Keuangan

Setelah mengetahui pentingnya pembukuan dan manfaatnya, kita akan beranjak pada ulasan mengenai langkah-langkah atau cara membuat pembukuan sederhana dalam akuntansi.

Adapun caranya ialah sebagai berikut:

Membuat Buku Kas Pengeluaran

Hal pertama yang perlu kita lakukan ketika membuat pembukuan adalah membuat catatan atau buku kas khusus pengeluarannya. Tujuannya agar bisa memulai sebuah usaha dengan perhitungan yang terperinci terkait modal awal.

Dengan demikian, kita akan jadi lebih mudah dalam merencanakan strategi usaha untuk segera memperoleh modal kembali. Pengeluaran harus dicatat meliputi biaya pembelian bahan baku untuk produksi, biaya operasional usaha, gaji pegawai dan pengeluaran lain yang mendukung usaha yang kita jalankan.

Membuat Buku Kas Pemasukan

Selain membuat buku khusus mencatat pengeluaran, maka kita juga harus membuat catatan khusus pemasukan. Catatan atau buku ini akan menjadi acuan setiap transaksi jual beli yang kita lakukan.

Baca Juga  Inilah Aturan Dalam Memberikan Camilan Sehat Untuk Balita

Kita juga bisa mengetahui sumber pendapatan terbesar dari catatan tersebut. Tidak hanya itu saja, catatan pemasukan akan memperlihatkan seberapa besar keuntungan yang bisnis kita hasilkan setiap harinya. Oleh karena itu, buku atau catatan ini bisa menjadi acuan berbagai evaluasi terkait strategi usaha serta transaksi lainnya.

Nah, agar pembukuan keuangan usaha kita lebih profesional, gunakan jasa pembukuan dari FR Consultant Indonesia. Mereka akan membantu untuk membukukan transaksi bisnis dan menyajikan laporan keuangan, baik untuk bulanan dan tahunan maupun periode tertentu yang diinginkan.

Informasi selengkapnya bisa dilihat di frconsultantindonesia.com. Yuk segera daftarkan bisnis untuk mendapatkan solusi pembukuan dari FR Consultant Indonesia!

List Blog Keren Rajabacklink
Bagikan:

Redaksi Gurunda.com

Rozak Al-Maftuhin | Pemred Gurunda.com | Owner Inspiratips Media

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.