UMKM atau Usaha Mikro Kecil Menengah merupakan sebutan bagi sebuah bisnis yang dijalankan oleh siapapun dengan menggunakan modal kecil. Di Indonesia, UMKM menjadi salah satu penggerak dalam perekonomian negara. Melihat ini, pemerintah juga turut mendukung dengan memberikan berbagai kegiatan, pelatihan dan lainnya agar pemilik usaha mampu mengembangkan UMKM yang dirintis.

Hal ini tentunya memiliki dampak yang baik, sebab sudah mulai banyak bermunculan industri rumahan atau home industry. Meski hanya memiliki modal yang kecil, pelaku UMKM di Indonesia tetap punya kesempatan terus berkembang dengan adanya ketekunan dan pemasaran yang baik.

Melihat makin maraknya bisnis UMKM di tanah air, berikut ini adalah beberapa UMKM yang paling populer di Indonesia. Penasaran? Mari kita simak ulasan berikut ini!

Bidang Kuliner

UMKM di bidang kuliner menjadi yang pertama yang paling banyak diminati oleh masyarakat. Alasannya, karena bisa dilakukan oleh siapa saja dan terlebih makanan merupakan kebutuhan pokok manusia. Sehingga, penjual makanan dan minuman akan selalu masyarakat cari untuk memenuhi kebutuhannya.

Berbagai jenis bisnis kuliner juga beraneka ragam, mulai dari makanan ringan atau camilan hingga makanan berat. Meski sudah banyak UMKM di bidang kuliner, pastinya masing-masing usaha mempunyai ciri khas dari setiap produknya.

Bidang Pendidikan

Di bidang ini, UMKM yang ada bisa berupa penyediaan jasa pengajar seperti bimbel atau tempat kursus. Pendidikan merupakan modal utama bagi generasi muda agar mampu bersaing dan berkembang di dunia profesional bahkan global.

Meski begitu, jika kita berkeinginan untuk membuka usaha di bidang pendidikan ini, harus mempunyai latar belakang di bidang pendidikan ataupun keterampilan-keterampilan lainnya sebagai penunjang selama berbisnis.

Baca Juga  Mengulik 5 Makanan Indonesia yang Mendunia

Bidang Fashion

Selain kuliner, bisnis di bidang fashion juga tidak ada matinya. Sebab, tren mode yang terus berkembang seiring dengan perubahan zaman membuat UMKM di bidang fashion ini tidak akan jalan di tempat.

Kita bisa memulai bisnis di bidang ini dengan menjual produk fashion, seperti pakaian, hijab, atau aksesoris pendukung mulai dari tas, sepatu dan sebagainya. Dalam pengembangan usaha ini, kita perlu mempromosikan produk fashion di toko konvensional atau melakukan digital marketing melalui media sosial yang ada.

Bidang Agribisnis

Indonesia terkenal sebagai negara agraris, di mana sebagian wilayahnya mempunyai lahan yang subur dan berpotensi menjadi tempat menanam bahan pangan. Kebutuhan manusia akan bahan-bahan tersebut bisa menjadi peluang untuk mulai membuka UMKM di bidang agribisnis.

Misalkan, menanam padi dan nanti kita olah menjadi beras, aneka sayuran, buah-buahan serta tanaman lain yang menjadi kebutuhan masyarakat. Jika kita tekun dan melakukan kegiatan pemasaran dengan baik, bukan tidak mungkin UMKM ini bisa berkembang hingga menjual produk ke mancanegara.

Itulah beberapa bisnis UMKM yang paling populer di Indonesia yang mungkin saja bisa menginspirasi. Untuk mengetahui informasi lebih lengkap terkait UMKM atau bisnis lain, langsung saja kunjungi blog.qasir.id. Semoga bermanfaat!

Bagikan: