Mungkin, dulu kamu tak terlalu familiar dengan data science. Namun, kini pengetahuan tersebut semakin berkembang dan semakin dicari oleh perusahaan-perusahaan terkenal. Kurikulumnya adalah mengajari mahasiswa untuk menganalisis data besar, data mining dan keterampilan pemograman.

Tujuannya, untuk mengungkapkan kepandaian yang bermanfaat bagi organisasi. Data scientist haruslah menguasai spektrum penuh dari transisi hidup data science dan juga mempunyai fleksibilitas serta pengetahuan dalam mengoptimalkan pengembalian pada tiap fase prosesnya.

Selain itu, data scientist juga harus bisa mengenali pertanyaan tentang mengumpulkan data dari berbagai sumber data lainnya, mengatur informasi, menerjemahkan hasil menjadi sebuah solusi dan mengkomunikasikan penemuan secara positif yang mempengaruhi keputusan bisnis.

Keterampilan semacam ini sangat dibutuhkan di sebagian besar industri, maka ilmuwan data science yang terampil bisa menjadi semakin bernilai untuk sebuah perusahaan yang membutuhkannya.

Kompetensi Jurusan Data Science UBM

Kuliah data science dan para alumnusnya sudah menjadi asset yang dibutuhkan untuk sebagian besar organisasi selama hampir satu dekade terakhir ini. Profesional ini merupakan pribadi yang mempunyai pengetahuan yang luas serta didukung oleh data dengan keterampilan teknik tingkat tinggi.

Selain itu, mereka mampu membuat algoritma kuantitatif kompleks untuk mengatur dan mensintesis sebagain besar informasi, yang nantinya dipakai untuk menjawab pertanyaan dan menggerakkan strategi di dalam organisasi yang menaungi mereka.

Data scientist akan mengecek pertanyaan, yang mana yang perlu dijawab dan di mana mendapatkan data yang berkaitan. Mereka mempunyai naluri bisnis begitu tajam dan juga keterampilan analisis atau kekuatan untuk menambang, membersihkan, dan menyajikan data. Selanjutnya, akan disintesis dan didiskusikan bersama pemangku kepentingan utama untuk mengambil keputusan yang strategis di dalam organisasi.

Maka dari itu, Universitas Bunda Mulia (UBM) memilih untuk menghasilkan sumber daya manusia dengan keterampilan data science yang mumpuni sebagai jawaban dari kebutuhan industri saat ini. Program studi baru ini diharapkan akan menghasilkan profesional-profesional muda yang mempunyai kapabilitas keterampilan dalam mengolah data dari sebuah persoalan untuk mendapatkan solusi terbaik di beberapa bidang.

Baca Juga  Peran Pendidikan Sekolah Dasar Untuk Anak

Data science diyakini bisa membawa transformasi serta inovasi pengembangan yang penting agar bangsa Indonesia menjadi bangsa yang mampu berkompetisi secara global. Ragam transformasi dan inovasi tersebut berasal dari teknologi AI atau Artificial Intelligent yang dalam bahasa Indonesia berarti kecerdasan buatan, yang akan membuka kesempatan dalam pengolahan data menjadi lebih maksimal.

Dengan adanya program studi Data Science UBM ini, Universitas Bunda Mulia menjadi turut mengambil peranan dalam peningkatan generasi muda Indonesia agar bisa memiliki kapabilitas dan mampu bersaing secara global dalam pembelajaran literatur data.

Mengusung tagline ‘Bringing Education to Real World’, diharapkan akan terus lahir generasi-generasi muda ahli data yang akan mengukir prestasi di beberapa industri serta membawa nama Indonesia untuk bersaing secara global.

Bagikan: