Mempersiapkan anak menjadi pilot – Bunda, apakah si kecil mulai menunjukkan minat terhadap salah satu profesi yang dia inginkan sebagai cita-citanya kelak dewasa nanti? Salah satunya pasti adalah pilot. Biasanya, anak laki-laki yang akan berseru lantang, “aku ingin jadi pilot yang hebat!” ketika beberapa orang menanyai cita-cita mereka.

Berbeda dengan profesi lain seperti Arsitek, di mata anak-anak, profesi pilot sangat hebat karena bisa mengendarai pesawat terbang yang besar dan mengantarkan banyak orang ke berbagai tempat di seluruh penjuru dunia. Nah, dilansir dari Majalah Bobo, seorang pilot bernama Kak Grady akan membagikan tips-tips apa saja harus Bunda lakukan untuk mempersiapkan anak menjadi pilot.

Apa saja? Yuk cari tahu selengkapnya di bawah ini!

4 Tips Persiapan Menjadi Pilot Ala Kak Grady

Menjaga Kesehatan

Dalam mempersiapkan anak menjadi pilot, menjaga kesehatan si kecil sangat penting untuk Bunda lakukan. Seorang pilot harus menjaga kesehatan mata, telinga, jantung, paru-paru, dan gigi.

Bunda bisa mulai membiasakan anak untuk melakukan pola hidup sehat, seperti makan sayur-mayur, buah-buahan, serta rajin melakukan olahraga. Kegiatan tersebut akan membantu anak untuk menjaga kesehatan yang pilot butuhkan agar bisa bekerja dengan maksimal.

Selain menerapkan pola hidup sehat, hindari aktivitas yang dapat membuat mata atau telinga anak terganggu, seperti menatap layar gadget dan televisi terlalu sering, mendengarkan musik dngan volume terlalu keras, atau malas untuk menggosok gigi.

Mempersiapkan Kondisi Fisik

Tidak hanya kesehatan dari dalam yang perlu Bunda perhatikan. Sebab, seorang pilot harus mempunyai berat serta tinggi badan yang sehat, sesuai usia. Tinggi badan minimal bagi pilot adalah sekitar 170 cm.

Baca Juga  Tips Ampuh Mengatasi Anak Kecanduan Gawai

Bunda bisa membantu memaksimalkan tinggi badan anak saat masa pertumbuhan, dengan berolahraga dan makan makanan yang mengandung nutrisi yang baik untuk tulang serta tumbuh kembang mereka. Selain itu, jaga kondisi fisik anak tetap normal, pastikan tubuh anak tidak mengalami cidera atau mengalami gangguan lainnya.

Untuk menjadi pilot, penampilannya juga harus rapi. Jadi, anak harus membiasakan diri untuk berpenampilan rapi di setiap kesempatan, seperti saat mengenakan seragam sekolah.

Bekal Akademis

Selain sehat jasmani dan rohani, untuk mempersiapkan anak menjadi pilot juga harus memiliki kemampuan akademis yang baik. Pelajaran yang harus banyak anak pelajari adalah mata pelajaran IPA, sebab nantinya pelajaran tersebut akan berguna saat menjadi pilot.

Di sekolah, anak-anak juga bisa ikut andil dalam kegiatan organisasi serta belajar tertib sejak dini. Hal ini bisa bermanfaat untuk melatih kerja sama dalam tim. Seorang pilot memiliki tuntutan untuk bisa bekerja sama antara co-pilot dan juga seluruh awak kabin beserta semua petugas dalam penerbangan agar perjalanan bisa lancar sampai ke tujuan.

Persiapan Lain

Menjadi seorang pilot haruslah bisa berpikir ke depan. Maksudnya, bisa mengambil keputusan-keputusan penting selama penerbangan berlangsung.

Selain itu, pilot juga harus mempunyai pikiran positif dan mengelola emosi dengan baik karena bekerja sama dengan banyak orang. Berarti, Bunda bisa melatih anak untuk tetap tenang ketika menghadapi sebuah permasalahan. Sehingga, mereka jadi tidak mudah marah, kesal, panik, atau bahkan menangis.

Jangan lupa untuk memberikan anak banyak ilmu pengetahuan tentang pesawat dan dunia penerbangan. Bisa melalui buku cerita, video, atau mengajaknya ke tempat bermain yang menyediakan permainan simulasi pilot agar anak bisa mengetahui secara langsung bagaimana cara bekerja seorang pilot ketika mengendarai pesawat terbangnya.

Baca Juga  Menumbuhkan Semangat Membaca Anak, Berikut Caranya

Begitulah empat tips dari Kak Grady yang harus Bunda lakukan untuk mempersiapkan anak menjadi pilot apabila cita-cita si kecil adalah seorang pengendali burung besi tersebut. Semoga informasi dari Gurunda bermanfaat, ya!

Bagikan: