Saat ini, berbagai jenis pekerjaan bisa dilakukan dengan lebih cepat dengan bantuan teknologi. Salah satunya dalam bidang akuntansi yang mana pengelolaan keuangan bisa dilakukan menggunakan suatu program atau software.

Berikut adalah beberapa peran program akuntansi dalam membantu pengelolaan keuangan bisnis UMKM.

Apa Itu Program Akuntansi?

Program akuntansi atau software akuntansi merupakan suatu sistem yang dirancang untuk menunjang pengelolaan keuangan meliputi pembelian, penjualan, buku besar, penggajian, dan lain-lain. Program akuntansi dapat dikembangkan sendiri oleh suatu perusahaan, atau bisa juga bekerja sama dengan pihak ketiga yang menyediakan layanan tersebut.

Tujuan penggunaan program akuntansi yaitu untuk mempermudah penyusunan laporan keuangan, laporan laba rugi, cash flow, serta laporan akhir. Anda hanya perlu memasukkan input data awal yang akan diproses pada program akuntansi.

Peran Program Akuntansi dalam Proses Pengelolaan Keuangan Bisnis UMKM

Mengelola keuangan adalah hal yang cukup rumit terutama bagi para pelaku bisnis. Oleh karena itu, dibuatlah suatu program akuntansi untuk mengatasi hal tersebut.

Berikut adalah beberapa peran program akuntansi dalam membantu pengelolaan keuangan bisnis UMKM.

1. Melakukan Kontrol Keuangan

Peran utama penggunaan program akuntansi yaitu pelaku bisnis bisa melakukan kontrol keuangan. Mengontrol keuangan bisa dilakukan secara otomatis sehingga mudah bagi siapapun meskipun bukan ahli akuntansi.

Hanya dengan beberapa pelatihan dan pembelajaran seputar program akuntansi, pelaku bisnis UMKM bisa mengoperasikan program tersebut menggunakan komputer atau perangkat seluler. Tidak perlu mengeluarkan biaya tambahan untuk merekrut pihak eksternal untuk mengontrol anggaran bisnis.

Baca Juga  Mitologi Yunani: Kisah Hades dan Persephone yang Menjadi Cikal Bakal Adanya Musim di Dunia

2. Mengevaluasi Keuangan

Bisnis UMKM bisa melakukan evaluasi pada arus keuangan secara berkala dengan program akuntansi. Program ini bisa membantu UMKM untuk mengetahui besarnya keuntungan atau kerugian yang dihasilkan dari bisnisnya.

Dengan melakukan evaluasi pada pengelolaan keuangan, pelaku bisnis UMKM bisa merencanakan langkah-langkah yang akan diambil di masa mendatang untuk meningkatkan efektivitas dan produktivitas.

3. Meminimalisir Kesalahan Penghitungan Data

Akuntan dan auditor menyatakan bahwa penggunaan program akuntansi bisa mengurangi adanya potensi kesalahan manusia (human error) selama penghitungan, pencatatan dan analisis data.

Adanya kesalahan atau ketidakakuratan data dalam laporan keuangan bisa menyebabkan permasalahan serius pada bisnis yang sedang Anda jalankan.

4. Meningkatkan Keamanan Data Keuangan

Data keuangan adalah informasi perusahaan yang sangat rahasia sehingga harus dijaga keamanannya. Apabila data keuangan jatuh ke tangan pihak-pihak yang tidak bertanggung-jawab, maka berpotensi menjadi sebuah ancaman untuk bisnis Anda.

Dengan menggunakan program akuntansi, Anda bisa memastikan bahwa data-data tersebut tetap aman. Hal ini dikarenakan data keuangan disimpan pada sistem terpusat yang dilindungi oleh firewall. Dengan begitu, hanya pihak tertentu saja yang bisa mendapatkan akses pada data keuangan.

5. Meminimalisir Pengeluaran

peran program akuntansi dalam membantu pengelolaan keuangan bisnis UMKM berikutnya yaitu dapat meminimalisir pengeluaran. Saat menjalankan bisnis UMKM, tentunya pengeluaran adalah salah satu hal yang sangat diperhatikan.

Umumnya, pada suatu bisnis atau perusahaan akan membutuhkan kurang lebih 3 orang akuntan untuk mengelola data keuangan.

Namun, dengan program akuntansi, pengelolaan data keuangan bisa dilakukan dengan mudah tanpa perlu merekrut tenaga tambahan. Pengelolaan keuangan bisa dilakukan secara otomatis dan pekerjaan akuntan menjadi lebih ringan.

Oleh karena itu, sebagai pemilik bisnis UMKM, Anda bisa meminimalisir pengeluaran dengan cara mempekerjakan satu atau dua akuntan saja.

Baca Juga  Berapa Jumlah Gigi pada Orang Dewasa? Berikut Ulasannya

Anda juga bisa menghemat pengeluaran dengan cara mengikuti pelatihan untuk menggunakan program akuntansi. Dengan begitu, Anda bisa melakukan pengelolaan keuangan sendiri tanpa perlu merekrut seorang akuntan.

6. Berperan dalam Membuat Laporan Keuangan

Program akuntansi memfasilitasi proses pencatatan transaksi keuangan dan secara otomatis menghasilkan laporan keuangan seperti neraca, laporan laba rugi, dan arus kas. Laporan-laporan ini memberikan gambaran menyeluruh tentang kondisi keuangan bisnis UMKM, termasuk aset, kewajiban, dan kinerja operasional.

Dengan begitu, pemilik bisnis dapat dengan cepat menilai kesehatan finansial perusahaan dan membuat keputusan yang lebih baik terkait strategi keuangan jangka pendek dan panjang.

7. Pemantauan Utang Piutang

Program ini memungkinkan UMKM untuk mencatat transaksi kredit dengan pelanggan (piutang) dan pemasok (utang). Dengan pemantauan yang baik, UMKM dapat mengoptimalkan siklus kas dan mengelola risiko terkait dengan pembayaran yang tertunda.

Program akuntansi juga dapat menghasilkan laporan usaha mengenai umur piutang dan utang, membantu dalam mengambil langkah-langkah yang tepat untuk meningkatkan arus kas dan memelihara hubungan positif dengan mitra bisnis.

8. Perpajakan

Program ini membantu UMKM menghitung dan mencatat kewajiban pajak, menyediakan laporan pajak yang diperlukan, dan memastikan kepatuhan terhadap peraturan perpajakan yang berlaku.

Pemantauan pajak yang baik melalui program akuntansi membantu mencegah masalah hukum dan denda terkait perpajakan serta memastikan bahwa perusahaan tetap sesuai dengan regulasi perpajakan yang berubah-ubah.

Dengan memastikan kepatuhan perpajakan, bisnis UMKM dapat menghindari risiko dan menjaga reputasi keuangan mereka.

9. Meningkatkan Produktivitas

Program akuntansi bisa digunakan dengan mudah serta bisa bekerja dengan cepat. Oleh karena itu, produktivitas bisnis Anda juga semakin meningkat. Penyerapan sumber daya manusia bisa dimaksimalkan untuk sektor lainya yang bisa menunjang bisnis Anda.

Baca Juga  Hipotalamus: Chip Spiritual di Dalam Tubuh Manusia

10. Meningkatkan Kredibilitas

Dengan adanya pencatatan dan pengelolaan keuangan yang baik, maka bisa meningkatkan kredibilitas bisnis Anda di mata investor atau pelanggan.

Hal ini juga bisa membuat bisnis UMKM semakin berkembang karena kredibilitasnya tidak perlu diragukan lagi.

Sekian penjelasan mengenai peran program akuntansi dalam membantu pengelolaan keuangan bisnis UMKM. Dengan memanfaatkan program akuntansi, maka pelaku bisnis bisa mengoptimalkan pengelolaan keuangan, mengurangi risiko kesalahan, serta meningkatkan transparansi dalam segi keuangan pada bisnis mereka.

Artikel ini diproduksi dan didistribusikan oleh Optus Asia, Business Intelligence Solutions. Dilarang mengutip sebagian atau seluruh artikel tanpa menyertakan sumber tulisan.

Bagikan: