Mainan edukasi untuk anak – Mencari mainan edukasi anak memang sangat sulit. Harapannya, mainan yang Bunda beli bisa menstimulus kemampuan tertentu pada anak. Memberikan mainan untuk anak, pastinya tidak hanya untuk memberikannya pembelajaran, tetapi juga membuatnya menjadi senang.

Nah, agar mainan yang Bunda beli tepat guna. Melansir dari Defita Neyla, berikut ini ada beberapa jenis mainan edukasi yang aman dan sesuai dengan anak usia dua tahun ke atas. Baca sampai selesai ya, Bunda!

Kereta ekspres dari kayu

Mainan seperti ini sangat cocok sebagai media bermain dan belajar untuk buah hati. Kereta dari kayu dapat melatih konsentrasi, imajinasi, dan mengenalkan berbagai warna kepada si Kecil.  Mainan ini bersifat bongkar pasang sehingga dapat melatih kemampuan motorik buah hati.

Dilengkapi dengan tali untuk menarik kereta. Tali ini dapat berfungsi menggerakkan kereta. Tentu mainan yang satu ini akan sangat menarik bagi anak-anak.

Masak-masakan

Mainan masak-masakan memang nampak kurang memberikan efek edukasi. Namun siapa sangka, jika bermain masak-masakan dapat melatih imajinasi dan kreativitas pada buah hati. Selain itu, si Kecil juga bisa mengenal berbagai macam nama makanan beserta peralatan memasak.

Bermain masak-masakan akan kurang seru jika dilakukan sendirian. Maka dari itu, Bunda bisa menemani buah hati ketika sedang bermain masak-masakan. Bunda juga bisa mengajak beberapa temannya untuk bermain bersama di rumah. Dengan melibatkan temannya, Bunda sudah melatih anak untuk mau membagi mainannya.

Puzzle alfabet dan angka

Bunda bisa memperkenalkan huruf dan angka kepada buah hati sedini mungkin. Mainan yang bisa membantu Bunda untuk melakukannya adalah puzzle alfabet dan angka.

Baca Juga  Ingin Sukses Menghadapi Ujian CPNS? Yuk Coba Try Out Online di TRYOUT.ID!

Selain, membantu anak untuk mengenal huruf dan angka, si Kecil juga akan berlatih berpikir. Mereka akan belajar mencocokan dan memasukan huruf dan angka yang sesuai dengan potongannya di atas papan. Permainan melatih kecerdasan ini sangat baik untuk anak.

Dokter-dokteran

Apakah Bunda ada keinganan agar buah hatinya menjadi seorang dokter? Jika iya, Bunda bisa memulai memperkenalkan profesi ini dengan satu set alat kedokteran sejak dini. Ketika bermain, Bunda bisa berperan sebagi pasien yang akan si Kecil periksa.

Mainan edukasi untuk anak satu ini juga melatih anak untuk berimajinasi dan berpikir kreatif. Untuk menambah kesan nyata, Bunda juga bisa menambahkan properti seperti jas putih mini.

Bola

Mainan ini sangat cocok untuk anak lak-laki Bunda. Bunda bisa memberikan bola ketika buah hati sudah menginjak usia 2 tahun. Tidak hanya menyenangkan, bermain bola juga akan melatih kemampuan motorik si kecil. Anak juga akan belajar mengenal mengenai tekstur dan warna.

Manfaatnya akan menjadi lebih banyak, apabila anak bermain bersama keluarga atau temannya di lingkungan terbuka.

Plastisin (lilin mainan)

Mainan yang sesuai dengan keinginan anak, tentunya akan membuat si Kecil menjadi lebih senang dan semangat dalam memainkannya. Bunda bisa membelikan buah hatinya plastisin atau lilin mainan yang bisa anak bentuk sesuai dengan keinginannya. Umumnya, plastisin tersedia dalam beragam pilihan warna.

Lilin mainan ini dapat membantu perkembangan otot tangan anak dan mengasah keterampilannya di masa depan. Bermain plastisin juga bisa membantu anak menjadi lebih fokus dan tenang.

Selain itu, mereka akan berkreasi tanpa batas sehingga buah hati mempunyai imajinasi yang luas dan mampu berfikir inovatif. Ketika si Kecil bermain bersama kawan-kawannya, maka keterampilan sosialnya akan semakin meningkat.

Baca Juga  Tips Lengkap Memilih Handphone dengan Fitur Kamera Terbaru di Tahun 2024

Nah, itu tadi rekomendasi mainan edukasi untuk anak usia dua tahun ke atas. Ketika memberikan stimulus yang tepat pada anak, maka kemampuannya akan berkembang lebih cepat. Selamat mencoba. Semoga bermanfaat!

Bagikan: