Cara membuat anak suka matematika – Kini, membiasakan anak untuk belajar merupakan hal yang sulit Ayah Bunda lakukan. Terlebih dengan pelajaran yang berhubungan dengan berhitung. Banyak anak tidak suka matematika karena menganggap pelajaran yang satu ini rumit dan sulit.

Rumus-rumus yang membingungkan dan proses penyelesaian yang lama membuat anak enggan belajar matematika lebih dalam. Padahal, matematika memiliki manfaat bagi kehidupan sehari-hari. Selain itu, matematika tidak pernah absen menjadi salah satu mata pelajaran ujian akhir atau kelulusan.

Lalu, bagaimana cara membuat anak suka matematika? Mudah kok, Ayah Bunda hanya perlu mempraktikan beberapa tips ampuh dari Gurunda berikut.

Membuat Matematika Menjadi Pelajaran yang Menyenangkan

Banyak anak yang tidak menyukai matematika, karena mata pelajaran ini terbilang tidak mudah. Ayah Bunda bisa menanamkan pada buah hatinya bahwa matematika itu pelajaran yang menyenangkan.

Orang tua hanya perlu membantu menciptakan suasana yang nyaman dan tidak tegang ketika belajar. Dengan begitu, anak akan merasa santai dan menikmati proses belajarnya. Suasana tegang malah akan membuatnya kesulitan fokus pada materi yang sedang mereka terima.

Bunda juga bisa mencoba beberapa metode belajar yang mengasyikan bagi anak. Metode yang masih menjadi favorit anak-anak adalah belajar sambil bermain. Tipe belajar anak kinestetik sangat cocok dengan cara tersebut.

Menerapkan pada Kehidupan Sehari-Hari

Ketika belajar matematika, dalam benak si Kecil hanyalah angka dan angka yang saling berhubungan. Itulah yang menyebabkan buah hati Ayah Bunda sangat cepat bosan dan jenuh untuk belajar.

Baca Juga  Mengenal Beragam Jenis Tes SKD CPNS

Jalan keluarnya adalah orang tua bisa menerapkan matematika dalam kehidupannya sehari-hari. Misalnya, Bunda bisa mengambil dua buah jeruk dari piring yang sebelumnya berisi 12 buah. Lalu, tanyakan pada anak, berapa sisi jeruk yang masih ada di piring.

Meningkatkan Kepercayaan Diri

Saat anak mendapatkan nilai matematika yang kurang bagus, jangan memarahinya secara berlebihan. Berikan motivasi dan dukungan kepada buah hati agar mereka belajar lebih rajin lagi. Jika perlu, Ayah Bunda bisa menemani si Kecil belajar, sehingga orang tua bisa membantu kesulitan anak.

Orang tua juga bisa membangkitkan semangat belajarnya dengan memberikan hadiah pada anak. Hal ini tentu akan meningkatkan kepercayaan dirinya. Percaya diri pada anak sangat penting agar mereka tidak merasa minder dan malu dengan teman lain yang nilainya lebih bagus.

Memberikan Contoh Soal dengan Cerita

Selain bermain, anak juga sangat suka mendengarkan cerita. Ayah Bunda bisa memberikan contoh soal matematika menggunakan cerita. Hal ini akan mendorong anak-anak untuk lebih mampu berimajinasi mengenai karakter dalam cerita tersebut.

Ayah Bunda bisa menyiapkan beberapa contoh soal matematika. Meskipun nanti pada akhirnya mereka tetap harus menghitung. Tetapi, cara ini jauh lebih seru sehingga anak-anak tidak bosan dengan angka-angka saja. Bahkan, metode ini akan membuat anak menilai bahwa matematika bukanlah hal yang sulit seperti bayangan mereka selama ini.

Memilih Metode Belajar yang Tepat

Belajar mengenai angka bukanlah hal yang mudah untuk anak. Tentunya, si Kecil akan membutuhkan proses yang panjang sehingga orang tua harus sangat sabar dalam mendampinginya belajar matematika.

Apabila anak harus belajar mengenai hitungan yang sedikit lebih kompleks, orang tua harus pandai menentukan metode belajar yang tepat untuk si Kecil. Pelajaran ini memang lebih banyak membutuhkan latihan soal dibanding dengan hafalan.

Baca Juga  Ingin Digital Printing? Ini Hal yang Perlu Kamu Perhatikan

Sebab itu, berikan buku soal untuk anak berlatih setiap hari. Bisa juga dengan mendaftarkan anak ke bimbel online agar pembelajarannya lebih efektif.

Nah, itu tadi cara membuat anak suka matematika yang bisa Ayah Bunda lakukan. Jangan pernah lelah untuk mendampingi buah hati belajar. Semoga bermanfaat!

Bagikan: