Tipe belajar kinestetik – Sebagian besar anak merupakan pembelajar yang aktif. Artinya, anak-anak tersebut tidak bisa hanya duduk diam selama berada di kelas. Biasanya, mereka akan terus bergerak ke sana kemari untuk memuaskan rasa keingintahuannya. Anak-anak seperti ini sangat menyukai kegiatan yang ada pada ekstrakurikuler daripada cara belajar melalui membaca buku.

Anak yang menyenangi kegiatan belajar tersebut, berarti anak tersebut mempunyai gaya belajar kinestetik. Anak dengan tipe ini akan lebih mudah memahami dan menyerap suatu informasi secara langsung melalui banyak gerakan. Namun, sebagian besar sekolah lebih menyukai gaya belajar visual dan auditori dalam penyampaian materi, karena anak cenderung lebih fokus dalam menyerap materi.

Mengenal Gaya Belajar Kinestetik

Kita perlu mengetahui cara belajar yang pas bagi anak tipe kinestetik karena hal ini penting untuk membantu mereka bertahan untuk belajar di sekolah. Berikut ini merupakan beberapa cara belajar yang efektif untuk anak tipe kinestetik yang bisa kita terapkan dalam kehidupan sehari-hari. Simak baik-baik, ya!

Menggunakan Diagram, Bagan, Hingga Jenis Visual Lainnya

Bagi anak yang memiliki tipe belajar kinestetik, menulis catatan dalam bentuk teks bukan cara yang efektif untuk mereka belajar. Anak kinestetik perlu melihat struktur atau pola untuk memahami sebuah informasi. Kita bisa menggunakan diagram dan bagan untuk membantunya.

Mencatat dengan berbagai warna pena dan menggambar bentuk akan memudahkan anak untuk menyimpan informasi ke otaknya. Anak kinestetik biasanya belajar dengan membuat gambaran sendiri di otaknya, sehingga mereka bisa menyimpan informasi dalam jangka waktu yang lama.

Baca Juga  Cara Mengatasi Anak Nakal Tanpa Memarahi, Yukk Coba Bunda!

Menjaga Jari-Jari Anak Tetap Sibuk

Cara belajar anak dengan tipe kinestetik ini membutuhkan tubuh yang terus aktif bergerak. Salah satunya adalah dengan jari-jari yang harus mereka gerakkan. Minta anak untuk menelusuri kalimat per kalimat menggunakan jari mereka.

Merujuk pada Inovasi guru, Kita juga bisa mencoba untuk meminta anak mengetik catatan mereka di komputer untuk mendorong mereka tetap bergerak selama belajar. Dengan menjaga agar jari-jari anak tetap sibuk, akan membantu mereka untuk lebih fokus dalam belajar.

Membuatkan Kartu Flash Sederhana

Kartu flash bisa menjadi salah satu cara belajar yang bisa kita terapkan agar anak tipe kinestetik lebih mudah dalam menghafal sesuatu. Kita bisa membuat beberapa kartu-kartu kecil yang memiliki warna yang berbeda. Setelahnya, isi kartu-kartu tersebut dengan materi-materi pelajaran anak.

Misalkan, anak-anak sedang belajar membedakan tranportasi darat, laut, dan udara. Setiap kartu bisa kita bedakan dengan warna dan isikan list alat tranportasi yang sesuai dengan jenisnya pada kartu tersebut. Hal itu akan memudahkan anak untuk belajar dan menyimpan informasi di memorinya dalam jangka waktu yang panjang.

Belajar Sambil Melakukan Aktivitas

Berbeda dengan tipe belajar auditori, Anak gaya kinestetik tentu ingin melakukan sesuatu kegiatan saat belajar, karena mereka tidak mau hanya terpaku pada belajar. Kita bisa mendorong atau mengajak mereka untuk berjalan-jalan di sekitar rumah sambil memberikan materi-materi pembelajaran yang ringan, seperti menunjukkan baliho dan menyuruh mereka membaca kalimat yang ada di sana.

Hal tersebut bukan hanya sebagai bentuk latihan yang baik, namun juga cara yang baik bagi anak tipe belajar kinestetik untuk menyerap informasi secara cepat. Kita juga bisa mengajak anak melakukan eksperimen saat belajar, karena mereka sangat menyukai tipe belajar seperti itu.

Baca Juga  Cara Tepat Mengenalkan Sex Education pada Anak

Berikan Waktu Istirahat

Saat belajar, jangan lupa untuk memberikan waktu istirahat kepada anak. Istirahat akan membantu anak kembali menyegarkan pikiran dan siap menerima materi pelajaran kembali.

Waktu istirahat tersebut bisa mereka manfaatkan untuk minum, makan makanan ringan, stretching, atau mengobrol santai bersama kita. Dengan memberikan waktu istirahat, kita juga akan membantu anak mengatasi kejenuhan setelah duduk lama untuk belajar.

Nah, demikianlah beberapa cara efektif memberikan pembelajaran pada anak tipe belajar kinestetik. Semoga bermanfaat, ya!

Bagikan: