Sebagai salah satu alat transportasi yang dapat menunjang aktivitas sehari – hari, sepeda motor matic penting untuk dilakukan perawatan secara berkala di bengkel. Salah satunya yakni dengan rutin mengganti oli sesuai dengan jadwal yang ada di buku service manual.

Membahas mengenai masalah oli, Anda perlu mengetahui beberapa cara cerdas memilih oli yang benar – benar berkualitas dan harga terjangkau dari sekian banyaknya jenis oli berkualitas yang dijual di pasaran.

Jika Anda merasa kesulitan dalam memilih oli untuk motor matic kesayangan Anda, sebaiknya simak beberapa tips dan trik berikut ini.

Pilih oli motor matic yang sesuai dengan standar API

Perlu Anda ketahui, bahwa oli motor matic yang memiliki label API / American Petroleum Institute, maka sudah dipastikan jika oli tersebut memiliki kualitas yang bagus. Pada dasarnya, API sendiri merupakan lembaga yang sudah teruji kredibilitasnya dalam menentukan standar kekentalan oli.

Dengan begitu, maka oli dengan label ini sudah pasti akan cocok digunakan untuk sepeda motor matic Anda.

Lihat kode SAE di kemasan oli

Bukan hanya mengenai label API yang ada di kemasan oli, Anda juga perlu melihat kode SAE di kemasan oli yang akan digunakan. Kode ini sendiri biasanya digunakan untuk menentukan bahwa oli tersebut memang memiliki kualitas yang tinggi untuk digunakan.

Adapun untuk SAE sendiri yakni merupakan lembaga internasional yang mana menetapkan indeks kekentalan oli. Apabila skor SAE semakin kecil, maka oli tersebut akan semakin encer.

Baca Juga  Rumah Sosial Kutub, Salah Satu Lembaga Amil Zakat Terpecaya

Gunakan oli yang memiliki reputasi baik

Ketika memilih oli sepeda motor matic, sudah pasti Anda akan memilih oli yang memang memiliki reputasi baik. Dalam hal ini, merek sepeda motor biasanya juga memiliki oli motor matic pabrikan sendiri.

Akan tetapi, jika Anda ingin menggunakan oli yang bukan merupakan pabrikan, maka Anda sendiri juga harus pandai dalam memilih oli mesin motor matic yang memang sudah memiliki reputasi / nama baik di kalangan penggunaannya.

Mintalah rekomendasi oli dari teknisi di bengkel

Bagi Anda yang mungkin masih ragu dalam menentukan oli motor matic yang cocok untuk digunakan, maka tidak ada salahnya untuk bertanya dan meminta kepada pihak teknisi motor di bengkel. Disini, Anda bisa minta penjelasan mengenai kelebihan dari jenis oli mesin dan jenis oli transmisi motor matic tersebut.

Dengan cara ini, maka Anda nantinya akan jauh lebih paham dan mengerti mengenai perbedaan dari oli motor matic mana yang baik dan tidak untuk digunakan.

Dari beberapa cara cerdas memilih oli untuk sepeda motor matic di atas, Anda nantinya bisa menentukan sendiri jenis oli berkualitas yang cocok digunakan. Sebagai rekomendasi, disini Anda bisa menggunakan oli motor matic dari Idemitsu yang mana hadir dengan kualitas oli terbaik dan harga yang pastinya ramah kantong.

Bagikan: