Sangat penting untuk menjaga kesehatan gigi yang bisa dilakukan sejak kecil, agar bisa diterapkan sampai dewasa. Tentu saja menjaga kesehatan gigi tidak hanya sekedar menyikat gigi tapi ada berbagai kebiasaan baik lain yang harus dipahami.

Ada berbagai tips menjaga gigi tetap sehat supaya menghindari berbagai masalah yang mungkin terjadi kedepannya pada gigi anda. Lalu apa saja yang bisa dilakukan? Berikut ini beberapa kegiatan yang bisa dilakukan untuk menjaga gigi tetap sehat.

Pilih Sikat Gigi yang Tepat

Rutinitas sikat gigi umumnya dilakukan oleh orang-orang dua kali sehari atau lebih. Namun pastikan saat menyikat gigi, Anda sudah pakai pak sikat gigi yang tepat salah satunya yaitu dengan memilih sikat yang lembut.

Sikat lembut ini sangat cocok bagi Anda yang punya gigi sensitif agar tidak membuat sariawan ketika menggosoknya terlalu kuat. Sebaiknya ganti sikat gigi ketika sudah ada bulu yang membengkok.

Pakai Obat Kumur

Anda juga bisa gunakan obat kumur untuk menjaga kesehatan gigi dan mulut. Penggunaan obat kumur dapat memberikan mineral pada gigi dan mengurangi keasaman mulut serta membersihkan gusi dan gigi yang sulit disikat.

Jika tidak ingin menggunakan obat kumur bisa memakai alternatif yaitu menggunakan larutan air garam.

Memakai Benang Gigi

Selanjutnya bisa juga dengan memanfaatkan benang gigi atau flossing. Flossing ini bisa digunakan untuk membersihkan gigi yang sulit dijangkau atau di bagian-bagian tersembunyi.

Flossing juga bisa dimanfaatkan untuk mengurangi plak serta peradangan pada gigi. Benang gigi ini bisa dipakai satu kali setiap hari.

Pakai Pasta Gigi yang Tepat

Selain memilih sikat gigi yang tepat, Anda juga harus paham pemilihan pasta gigi yang cocok untuk menjaga kesehatan gigi. Sebaiknya pilih pasta gigi yang punya kandungan fluoride. Karena kandungan ini bisa melindungi gigi dari kerusakan dan juga mengatasi bakteri yang menyerang.

Baca Juga  Keuntungan Menggunakan Jasa Tugas Akuntansi Bagi Mahasiswa

Makan Buah dan Sayur

Tips berikutnya adalah dengan mengkonsumsi buah dan sayur. Sayuran dan buah yang renyah bisa menstimulasi gigi dan gusi untuk menjaga kesehatan gigi terutama pada anak-anak.

Itulah beberapa tips menjaga gigi tetap sehat dengan melakukan kebiasaan-kebiasaan baik. Untuk jaga kesehatan gigi, juga wajib mengunjungi dokter gigi secara rutin. Opal Dental menghadirkan dokter gigi terbaik yang didukung pula dengan perawatan gigi yang menggunakan standar internasional. Klinik gigi ini juga menggunakan peralatan canggih untuk setiap perawatan gigi yang dilakukan.

Bagikan: