Tips Menabung Untuk Pelajar – Ingin membeli barang namun tidak mau merepotkan orang tua? Solusinya adalah dengan menabung. Dengan menyisihkan uang saku dari orang tua setiap harinya, kamu sudah bisa membuat tabungan sendiri dengan memasukkannya ke celengan kesayangan.

Dengan begitu, kamu bisa membeli barang yang kamu inginkan dari uang hasil tabungan sendiri. Berikut ini ada beberapa tips menabung untuk pelajar dari Gurunda.com yang bisa kamu praktikkan. Simak baik-baik, ya!

Menentukan Tujuan dari Menabung

Sebelum menabung, tentukan terlebih dahulu tujuan kamu menabung. Seperti apakah kamu ingin membeli sepatu, membeli handphone, atau yang lainnya.

Dengan menentukan tujuan dari menabung, kamu akan semakin termotivasi dan semangat untuk menabung secara rutin.

Sisihkan Sedikit Uang Jajan

Karena kamu belum memiliki pekerjaan, uang yang bisa kamu tabung adalah dari menyisihkan uang saku atau uang jajan dari orang tua. Otomatis, kamu juga harus hidup berhemat.

Meskipun uang jajanmu nominalnya kecil, namun jika kamu menabung secara teratur, lambat laun hasilnya akan semakin banyak. Ingat kata pepatah, “Sedikit sedikit lama-lama menjadi bukit.”

Menabung dengan Uang Receh

Tips menabung untuk pelajar selanjutnya adalah menabung dengan uang receh. Poin ini masih berhubungan dengan poin sebelumnya.

Sisa uang jajan kebanyakan berupa uang recehan. Meski terlihat kecil, seperti uang Rp 1.000 atau Rp 2.000, jika kamu menabung secara teratur dan rutin, maka dalam beberapa bulan setelahnya tabungan kamu bisa terkumpul banyak uang.

Menggunakan Celengan yang Unik dan Menarik

Untuk menambah motivasi dalam menabung, kamu mungkin bisa menggunakan celengan yang menarik dan kamu sukai.

Baca Juga  Tips Menjadi Juara Kelas yang Bisa Kamu Lakukan

Atau, bisa juga kamu membuat celengan sendiri dengan berkreasi menggunakan barang-barang yang ada di sekitar di rumah. Tempatkan di sudut yang terlihat agar menjadi pengingat dan lebih semangat menabung setiap harinya.

Pikirkan Ulang sebelum Membelanjakan Uang

Supaya kegiatan menabung kamu tidak terkendala, kamu perlu berpikir ulang sebelum membelanjakan uang dengan menggunakan uang tabungan. Buat daftar prioritas barang mana yang lebih kamu butuhkan dan mana kebutuhan yang tidak terlalu penting.

Dengan daftar prioritas tersebut, maka kamu hanya akan menggunakan tabungan sesuai dengan kebutuhan atau sebagai dana darurat.

Bagaimana, sudah siap untuk menabung? Semoga tips menabung untuk pelajar di atas bisa menambah wawasan dan memberikan manfaat untuk kamu, ya! Selamat mencoba di rumah!

Bagikan: