Cara mendisiplinkan anak – Setiap orangtua pasti ingin membentuk anak menjadi disiplin. Sikap ini membuat hidup menjadi lebih tertata dan teratur ke depannya. Anak menjadi lebih pintar dalam mengatur waktu dan kegiatannya sehari-hari.

Apabila sudah terbiasa disiplin, maka anak akan punya kualitas diri yang baik. Bunda perlu mengembangkan kualitas tersebut agar bisa menjadi aset untuk masa depannya.

Penting bagi Bunda untuk memberikan pendidikan terkait kedisiplinan kepada anak sejak dini. Bunda perlu memperhatikan hal mana saja yang harus Bunda lakukan atau tidak. Artikel ini akan membahas hal atau bagaimana cara mendisiplinkan anak. Yuk, simak sampai selesai!

Memberikan pujian di waktu yang tepat

Anak pasti sangat senang dengan pujian. Mereka akan bersikap ramah dan baik kepada siapa saja yang memujinya. Hal ini juga berlaku saat Bunda mengajarkannya tentang kedisiplinan.

Perhatikan apa yang mereka lakukan untuk melatih dirinya menjadi lebih disiplin. Jika mereka berhasil, maka Bunda bisa memberikan pujian kepadanya. Berikan waktu untuk mendengarkan keluhan dan keinginan buah hati.

Orangtua yang bisa menunjukkan empati kepada buah hati, dapat memberikan teladan yang sangat bagus untuk si Kecil.

Menetapkan batasan

Bunda bisa melatih kedisiplinan anak melalui peraturan yang sudah Bunda buat. Dalam menerapkannya, Bunda juga harus mempertimbangkan dan memberikan batasan. Ingat ya Bunda, terlalu banyak perintah dan larangan akan membuat anak merasa kurang nyaman.

Luangkan waktu untuk memberitahu perilaku apa yang Bunda harapkan dari buah hati dengan spesifik. Lalu, Bunda bisa menetapkan batasan kepada apa yang mereka lakukan. Dalam menjalankannya, Bunda harus menerapkannya secara konsisten.

Baca Juga  Wisata Rafting di Bali yang Seru dan Memacu Adrenalin

Anak harus tahu bahwa ketika mereka melanggar peraturan Bunda, mereka akan mendapatkan konsekuensi yang konsisten atas tindakannya.

Berperan sebagai orang tua

Ketika anak menganggap Bunda sebagai sahabatnya, tentu hal ini akan menjadi hal yang membahagiakan untuk buah hati maupun Bunda. Hubungan Bunda dengan si Kecil akan semakin erat dan baik.

Tetapi, dalam urusan mendisiplinkan anak, mereka lebih membutuhkan orang yang berperan sebagai orangtua, bukan sebagai sahabat. Si Kecil membutuhkan Bunda sebagai orangtua yang mendidik dan mengajarkan banyak hal baik untuknya, termasuk ilmu kedisiplinan ini.

Sikap disiplin yang Bunda ajarkan dapat menumbuhkan rasa percaya diri pada buah hati ketika mereka mulai belajar mengatur kehidupannya sendiri. Dengan berperan menjadi sosok orangtua bagi si Kecil, maka anak akan lebih paham dan menurut dengan Bunda.

Apapun yang Bunda berikan kepadanya, akan lebih mudah mereka terima. Hal ini karena mereka melihat Bunda sebagai orang yang dewasa di hadapannya.

Menghindari mengancam dan marah berlebihan

Marah dengan mengumpat dan berkata kasar merupakan cara yang salah untuk mendisiplinkan anak. Apalagi sampai Bunda mengeluarkan kata ancaman. Bunda akan menumbuhkan sikap melawan anak.

Melihat Bunda marah dengan cara seperti itu, dapat membuat anak tidak mampu mengendalikan emosinya ketika mereka mendapatkan nasihat atau kritik di kemudian hari. Alangkah lebih baik, jika Bunda menanggapi perilaku anak dengan kepala dingin.

Jangan emosi sampai mengeluarkan kata-kata yang kurang pantas, ya. Emosi yang berlebihan bisa menciptakan reaksi marah yang berlarut-larut saat berhadapan dengan anak.

Mendisiplinkan anak memang bukan perkara yang mudah. Semua membutuhkan ketegasan dan kesabaran dari orangtua. Bunda bisa mempratikkan cara mendisiplinkan anak di atas dengan konsisten.

Baca Juga  Keuntungan Pilih Jasa Tugas Matematika Cahaya Content

Yuk cari tahu lebih banyak informasi mengenai pendidikan, parenting dan juga tips-tips menarik hanya di Gurunda. Semoga bermanfaat!

Bagikan: