Di era teknologi yang semakin maju ini, mulai banyak layanan transaksi yang beralih ke digital. Tidak hanya mempermudah jalannya transaksi, namun layanan transaksi digital juga memberikan efisiensi waktu bagi nasabah. Salah satu transaksi digital yang populer akhir-akhir ini adalah bank digital.

Mungkin kita cukup familiar dengan beberapa produk digital dari bank seperti transfer online, mobile banking dan penarikan uang melalui ATM. Tetapi, apakah ada yang mengetahui ada layanan bank yang sepenuhnya berbentuk digital?

Nah, bank digital sendiri merupakan bank yang menyediakan serta melakukan aktivitas bisnisnya melalui saluran elektronik. Bank digital juga adalah satu organisasi Berbadan Hukum Indonesia (BHI) yang bisa menjalankan kegiatan usaha tanpa kantor selain kantor pusat atau hanya menggunakan kantor fisik terbatas.

Perbankan digital bisa berupa bank baru atau bank lama yang melakukan transformasi menjadi bank digital. Berikut ini adalah beberapa keuntungan yang bisa nasabah dapatkan apabila menggunakan bank digital dalam bertransaksi. Simak baik-baik, ya!

Kemudahan dan Kecepatan dalam Bertransaksi

Keuntungan utama dari penggunaan bank digital ialah nasabah diberikan kemudahan dalam bertransaksi.

Transaksi pun juga lebih cepat tanpa perlu antre seperti di bank pada umumnya. Nasabah melakukan transaksi keuangan cukup dengan smartphone dan jaringan internet saja.

Efisiensi Waktu

Selain akses yang mudah, bank digital juga menawarkan efisiensi waktu bagi para nasabah. Kita tidak perlu lagi datang langsung ke bank untuk melakukan transaksi, bahkan untuk pembukaan rekening.

Sebagai nasabah maupun calon nasabah, kita tinggal melakukan akses pada platform resmi bank digital untuk melakukan transaksi keuangan.

Tingkat Keamanan yang Semakin Berkembang

Saat ini, tingkat keamanan dari produk bank digital sudah semakin meningkat. Biasanya, nasabah akan diminta untuk memasukkan nomor PIN (Personal Identification Number) saja di produk perbankan lain.

Baca Juga  Kiat Sukses Mendidik Anak Untuk Berperilaku Jujur

Namun, bank digital memberlakukan harus memasukkan informasi sidik jari maupun kode OTP (One Time Password) ketika melakukan proses login atau transaksi digital. Dengan demikian, keamanan dalam bertransaksi semakin terjamin.

Itulah beberapa keuntungan yang bisa kita dapatkan selaku nasabah jika menggunakan bank digital dalam transaksi keuangan. Untuk mengetahui informasi lebih lanjut, silakan kunjungi lamannya di https://www.bankdiindonesia.com.

Situs tersebut juga memberikan informasi menarik lainnya seputar dunia perbankan dan keuangan di Indonesia, seperti daftar fintech lending berizin, daftar BI FAST alamat kantor cabang Bank Mandiri di berbagai daerah dan sebagainya. Semoga ulasan ini bisa menambah wawasan dan memberikan manfaat!

Bagikan: