Siapa yang sering mewakili sekolahnya dalam lomba pidato? Pidato adalah sebuah kegiatan berbicara atau berorasi di depan umum untuk menyatakan pendapatnya, atau memberikan gambaran tentang suatu hal.

Biasanya, pidato disampaikan oleh seseorang yang memberikan orasi dan pernyataan terkait peristiwa yang penting dan sedang menjadi perbincangan panas. Bagi kamu yang hendak mengikuti lomba pidato, alangkah baiknya untuk membaca ulasan di bawah ini yang akan membahas tips sukses agar menang lomba pidato Bahasa Indonesia. Simak baik-baik, ya!

Buat Pidato Sesuai dengan Tema 

Dalam setiap lomba pidato, umumnya pihak penyelenggara akan memberikan tema. Contoh pidato singkat Bahasa Indonesia yang baik adalah pidato yang sesuai dengan tema. Hal ini pastinya akan menjadi penilaian pertama oleh dewan juri. Maka dari itu, perhatikan konten atau isi pidato kalian.

Misalkan, tema yang penyelenggara berikan adalah tentang pentingnya vaksin untuk melawan virus Covid-19. Tentu, kamu harus membahas tentang betapa pentingnya divaksin agar kita semua mampu menghadapi virus mematikan tersebut.

Perhatikan Struktur Teks Pidato

Tiga struktur utama dalam pidato adalah pembuka, isi, dan terakhir adalah penutup. Perhatikan lagi ketiga elemen tersebut agar sesuai dengan isinya.

Pembuka biasanya terdiri dari salam dan sebagainya, isi adalah hal yang ingin kamu sampaikan, dan penutup yang berisi tentang kesimpulan dan pesan kamu kepada para audience.

Pahami Teks Pidato

Kesalahan terbesar seseorang ketika berpidato adalah menghafalkan teks pidato. Padahal, jika kamu nervous di atas panggung dan hanya menghafalkan teks, kemungkinan besar hafalanmu akan buyar dan berakhir tidak bisa berpidato sesuai dengan yang kamu tulis.

Baca Juga  Cara Mudah Membuat Perencanaan Mingguan Supaya Produktif di Kantor

Sebaiknya, kamu memahami teks pidato tersebut, agar nanti jika lupa, kamu masih bisa spontan menyampaikan pidato dengan bahasa yang berbeda namun intinya tetap sama.

Usahakan Jangan Grogi

Sebagian besar orang pasti pernah merasa gugup atau grogi ketika harus tampil di hadapan banyak orang. Itu bisa saja terjadi padamu yang hendak mengikuti naik panggung untuk lomba pidato. Sebelum naik panggung, kamu bisa menarik dan membuang napas secara perlahan.

Tanamkan pikiran positif untuk mengurangi rasa gugupmu. Saran lainnya, adalah sampaikan saja apa yang ingin kamu sampaikan. Tidak harus persis seperti teks pidato yang kamu buat, yang penting adalah inti yang ingin kamu sampaikan kepada audience sama dengan isi dari pidato tersebut.

Nah, itulah beberapa tips sukses agar kamu bisa menang lomba pidato Bahasa Indonesia. Jika ingin lebih mahir lagi, teruslah berlatih agar kamu semakin percaya diri dan mampu menyampaikan pidato dengan baik di depan para audience. Semoga bermanfaat, ya!

Bagikan: