Apa yang Akan Terjadi Saat Tubuh Kekurangan Sel Darah Putih?

Sel darah putih atau leukosit adalah bagian penting dari sistem kekebalan tubuh yang bertanggung jawab untuk melawan infeksi dan penyakit. Dilansir dari PAFI kekurangan sel darah putih dapat menyebabkan berbagai masalah kesehatan serius. Berikut adalah beberapa hal yang bisa terjadi saat tubuh sobat kekurangan sel darah putih.

  1. Risiko Infeksi yang Lebih Tinggi

Salah satu efek langsung dari kekurangan sel darah putih adalah peningkatan risiko infeksi. Sel darah putih berperan dalam melawan bakteri, virus, dan patogen lainnya yang masuk ke tubuh. Kekurangan sel darah putih membuat sobat lebih rentan terhadap infeksi bakteri, infeksi jamur, serta infeksi virus seperti flu atau pilek.

  1. Infeksi yang Berat dan Berulang

Kekurangan sel darah putih dapat menyebabkan infeksi menjadi lebih serius dan sulit diobati. Sobat mungkin mengalami infeksi yang berulang atau infeksi kronis yang sulit sembuh. Infeksi bisa menyebar lebih cepat dan menjadi lebih parah tanpa sistem kekebalan tubuh yang kuat.

  1. Gejala Infeksi yang Parah

Kekurangan sel darah putih dapat membuat tubuh sobat kesulitan melawan infeksi, yang dapat menyebabkan gejala infeksi menjadi lebih parah. Gejala seperti demam, nyeri tubuh, batuk, pilek, diare, atau sakit tenggorokan mungkin lebih berat dan berlangsung lebih lama daripada biasanya.

  1. Gangguan Sistem Kekebalan Tubuh Lainnya

Selain meningkatkan risiko infeksi, kekurangan sel darah putih juga dapat mengganggu fungsi sistem kekebalan tubuh secara keseluruhan. Sistem kekebalan tubuh sobat mungkin tidak bekerja seefisien biasanya, membuatnya sulit bagi tubuh untuk melawan penyakit dan penyakit autoimun.

  1. Penyakit Autoimun yang Meningkat

Sel darah putih juga berperan dalam mencegah tubuh menyerang dirinya sendiri dengan mengenali dan menyerang sel-sel yang tidak sehat. Kekurangan sel darah putih dapat meningkatkan risiko penyakit autoimun, di mana sistem kekebalan tubuh menyerang jaringan sehat tubuh sendiri.

  1. Risiko Lebih Tinggi terhadap Kanker
Baca Juga  Manfaat Syndrome Lucky Girl Serta Dampaknya

Beberapa jenis kanker, terutama leukemia (kanker sel darah), berkaitan dengan gangguan produksi atau fungsi sel darah putih. Kekurangan sel darah putih dapat meningkatkan risiko perkembangan kanker, serta membuat sobat lebih rentan terhadap komplikasi selama pengobatan kanker.

Kekurangan sel darah putih dapat meningkatkan risiko infeksi, memperburuk gejala infeksi, dan mengganggu fungsi sistem kekebalan tubuh secara keseluruhan. Dengan memahami tanda dan gejala kekurangan sel darah putih serta mengambil langkah-langkah pencegahan yang tepat, sobat dapat menjaga kesehatan dan mencegah komplikasi yang lebih parah.

Yuk dapatkan informasi selengkapnya terkait penyakit, obat, suplemen, vaksin, vitamin, artikel kesehatan, dan seputar kefarmasian dengan mengunjungi laman pafitarogongkidul.org sebagai laman resmi organisasi Persatuan Ahli Farmasi Indonesia (PAFI).

Bagikan: