Makanan untuk meningkatkan nafsu makan anak – Dalam perjalannya, setiap orangtua pasti pernah menghadapi anak yang susah makan dan melakukan gerakan tutup mulut. Hal ini merupakan tahap yang normal bagi anak, umumnya mereka akan seperti ini saat memasuki umur 1 tahun atau 2-5 tahun.

Masalah anak susah makan tidak boleh Bunda abaikan. Menurut Gurunda, kurangnya asupan nutrisi untuk tubuh dapat menghambat tumbuh kembang buah hati. Apalagi jika hal ini terjadi pada usia golden age.

Oleh sebab itu, Bunda perlu bersabar dalam menghadapi anak yang susah makan demi perkembangan si Kecil lebih baik. Salah satu cara yang bisa Bunda lakukan untuk mengatasi masalah ini adalah dengan menyediakan makanan peningkat nafsu makan.

Berikut ini sederet nama menu makanan untuk meningkatkan nafsu makan anak. Simak ulasannya sampai selesai, ya!

Jahe

Banyak orang percaya bahwa jahe bisa meningkatkan nafsu makan pada anak. Rempah yang satu ini juga memiliki segudang manfat untuk mengatasi masalah pencernaan seperti mual, muntah, dan perut kembung penyebab anak susah makan.

Bunda bisa memasukkan jahe ke dalam menu masakan untuk si Kecil. Misalnya menambahkan jahe ke dalam sup, sayuran tumis, nasi tim, atau memberikannya dalam bentuk minuman dengan mencampurnya bersama air dan madu.

Selain jahe, Bunda juga bisa memilih mint, kayu manis, peppermint, dan ketumbar sebagai alternatif lainnya.

Minyak Ikan

Minyak ikan kaya akan kandungan omega 3. Nutrisi ini tidak hanya penting untuk pertumbuhan otak si Kecil, tetapi juga bisa meningkatkan nafsu makan anak.

Menurut salah satu penelitian, omega 3 yang ada dalam minyak ikan mempunyai peran penting dalam menurunkan rasa kenyang setelah makan. Oleh sebab itu, nafsu makan anak akan semakin meningkat.

Baca Juga  Bunda, Berikut Efek Buruk Akibat Mendidik Anak Terlalu Keras

Kacang-Kacangan

Kelompok kacang-kacangan seperti mete, almond, dan kacang tanah bisa Bunda berikan kepada buah hati saat mereka menolak untuk makan. Kandungan zinc pada kacang-kacangan memiliki peran penting untuk menambah nafsu makan anak.

Tidak hanya zinc, kacang juga tinggi protein, asam lemak, dan beraneka macam mineral maupun vitamin yang baik untuk tumbuh kembang anak.

Ketika memberikan kacang-kacangan kepada buah hati, pastikan mereka mengunyahnya dengan baik, ya Bunda. Tetapi, Bunda juga perlu waspada apakah kacang bisa menyebabkan alergi pada anak atau tidak. Jika iya, sebaiknya ganti dengan menu makanan lainnya.

Alpukat

Salah satu buah yang bermanfaat sebagai makanan penambah nafsu makan adalah alpukat. Rasa gurih dan tekstur yang lembut membuat anak-anak menyukai buah yang satu ini. Terdapat kurang lebih 109 kalori dalam setengah buah aplukat ukuran sedang.

Tidak hanya tinggi kalori, alpukat juga memiliki 20 jenis vitamin dan mineral, serta lemak tak jenuh yang baik untuk tubuh si Kecil.

Kentang

Kentang ternyata juga menjadi salah satu makanan yang mampu membantu meningkatkan nafsu makan pada anak. Hal ini karena kentang memiliki kandungan zinc yang bermanfat untuk menambah nafsu makan.

Oleh sebab itu, Bunda perlu mengkreasikan kentang ke dalam makanan harian anak. Mulailah mengganti sumber karbohidrat dari nasi menjadi kentang.

Wortel

Sayuran yang satu ini memiliki beragam manfaat untuk kesehatan buah hati. Tidak hanya untuk menambah nafsu makan anak, wortel juga menjadi sumber vitamin dan serat. Bunda bisa memberikan wortel secara langsung sebagai sayuran atau membuatnya menjadi jus.

Bunda dapat memberikan jus wortel pada si Kecil setengah jam sebelum makan sehingga tubuhnya merasakan lapar dan tubuh akan mempersiapkan saluran pencernaan untuk menerima makanan selanjutnya.

Baca Juga  Menu Makan Malam Sehat untuk Ibu Hamil

Demikianlah beberapa makanan untuk meningkatkan nafsu makan anak yang bisa Bunda berikan pada si Kecil. Semoga bermanfaat!

Bagikan: