Mungkin, kamu sudah tidak asing dengan istilah mitologi Yunani. Tetapi, tahukah kamu definisinya? Mitologi Yunani adalah kisah dari salah satu peradaban kuno Yunani yang sangat populer di berbagai penjuru dunia. Mengisahkan tentang legenda para dewa dan makhluk-makhluk lainnya yang masih diceritakan hingga sekarang dan sudah banyak diadaptasi dalam bentuk buku maupun film.

Salah satu kisah mitologi Yunani yang terkenal menurut idnzero adalah Hades dan Persephone. Hades adalah saudara Zeus yang memimpin dunia bawah. Dia jatuh cinta dengan Persephone, putri dari Zeus dan Demeter yang merupakan Dewi Pertanian dan Kesuburan. Mau tahu cerita lengkapnya? Yuk langsung disimak!

Hades Menculik Persephone

Persephone sangatlah cantik, sehingga banyak dewa dari Gunung Olympus jatuh cinta dan berniat meminangnya. Akan tetapi, Demeter justru merasa khawatir dengan fakta tersebut. Dia menolak semua pemberian hadiah mereka dan menyembunyikan sang putri jauh dari para dewa tersebut.

Suatu hari, Persephone tengah memetik bunga yang indah di sekitar tempat tinggalnya. Bertepatan dengan Hades yang berkunjung ke dunia atas dengan mengendarai kereta perang yang ditarik sepasang kuda hitam abadi. Hades tanpa sengaja melihat Persephone dan langsung jatuh cinta.

Kemudian, Hades menculiknya dan membawanya naik ke kereta kuda. Persephone yang panik berteriak minta tolong kepada sang ibu. Teriakan tersebut terbawa hingga ke Olympus dan terdengar oleh Demeter. Dia langsung pergi mencari Persephone, namun teriakannya semakin menjauh.

Sesampainya di dunia bawah, Hades memperlakukan Persephone dengan sangat istimewa. Sang Dewa Dunia Bawah itu memperlihatkan sisi lainnya yang jarang diperlihatkan ke banyak orang. Bahkan, dia membuatkan taman yang sangat indah hanya untuk Persephone. Sang putri pun dibuat jatuh cinta dengan kepribadian Hades yang lembut.

Baca Juga  Kuliah di Malaysia Masih Menarik Bagi Pelajar Indonesia, Ini Alasannya!

Demeter Mencari Persephone

Tanpa mengenal lelah, selama sembilan hari sembilan malam, Demeter terus mencari putri cantiknya. Dia mengarungi daratan dan lautan, bertanya kepada semua orang, namun tidak ada yang mengetahui siapa yang menculik Persephone.

Sampai di hari ke-10, Demeter bertemu Helios, sang Dewa Matahari yang selalu menyaksikan segala sesuatu di dunia. Helios memberitahukan kepada Demeter bahwa Persephone diculik oleh Hades dan dijadikan ratu Dunia Bawah. Mengetahui kabar ini, Demeter bersedih dan membuat seluruh alam berduka.

Tiupan angin dingin merontokkan daun-daun, bunga layu berguguran, bumi dilanda kekeringan hingga bencana kelaparan menimpa dunia. Sebab, Demeter memerintahkan alam berhenti melakukan tugasnya sampai Persephone kembali. Setelah itu, Demeter meminta keadilan kepada Zeus.

Zeus pun mengutus Hermes untuk mengambil Persephone dari dunia bawah dan dikembalikan kepada sang ibu.

Cikal Bakal Musim di Dunia

Karena Hades tidak ingin berpisah dengan Persephone, dia memberikan buah delima kepada Persephone. Menurut legenda, jika orang dari dunia atas memakan buah delima dari dunia bawah, maka yang memakannya akan kembali lagi ke dunia bawah.

Oleh sebab itu, Persephone harus kembali dan tinggal di dunia bawah. Mengetahui hal ini, Zeus akhirnya membuat keputusan. Selama 6 bulan, Persephone tinggal dengan Hades di dunia bawah dan di 6 bulan berikutnya tinggal di Olympus bersama Demeter.

Hal ini memicu adanya berbagai musim di dunia. Saat Persephone tinggal di dunia bawah, Demeter yang sedih membuat bumi menjadi dingin, tanaman tidak bisa tumbuh serta terjadi musim gugur dan musim dingin.

Namun, saat putri kesayangannya kembali tinggal bersamanya di Olympus, Demeter sangat bahagia dan membuat bumi kembali hijau, di mana bumi mengalami musim semi.

Baca Juga  Apa Itu Studi Kelayakan dan Keuntungan Menggunakannya dalam Bisnis

Nah, itulah kisah cinta Hades dan Persephone yang menjadi cikal bakal bumi memiliki berbagai musim. Jika ingin mencari tahu lebih banyak cerita mitologi Yunani atau mitologi menarik lainnya, silakan kunjungi laman idnzero. Semoga bermanfaat!

Bagikan: