Kuliah di luar negeri semakin diminati oleh pelajar Indonesia, dan Malaysia tetap menjadi salah satu destinasi yang menarik perhatian. Banyak faktor yang membuat Malaysia menjadi pilihan utama bagi para pelajar Indonesia yang ingin melanjutkan pendidikan tinggi di luar negeri.

Dalam artikel ini, kita akan menjelajahi alasan-alasan mengapa kuliah di Malaysia masih menarik bagi pelajar Indonesia.

1. Kualitas Pendidikan yang Terjamin

Salah satu alasan utama mengapa pelajar Indonesia tertarik untuk kuliah di Malaysia adalah karena kualitas pendidikan yang terjamin. Malaysia memiliki sistem pendidikan yang terkenal baik dan diakui secara internasional.

Banyak perguruan tinggi di Malaysia yang terdaftar dalam peringkat universitas dunia yang terkemuka.

2. Standar Pendidikan Tinggi

Standar pendidikan tinggi di Malaysia juga sangat dihargai. Pemerintah Malaysia telah mengambil langkah-langkah untuk memastikan bahwa perguruan tinggi di negara ini mematuhi standar pendidikan yang ditetapkan.

Dengan demikian, pelajar Indonesia dapat yakin bahwa mereka akan mendapatkan pendidikan berkualitas di Malaysia yang akan memberi mereka landasan yang kuat untuk karir masa depan mereka.

3. Biaya Hidup yang Terjangkau

Salah satu faktor penting yang membuat Malaysia menarik bagi pelajar Indonesia adalah biaya hidup yang relatif terjangkau.

Dibandingkan dengan negara-negara Barat atau beberapa negara Asia lainnya, biaya hidup di Malaysia lebih rendah. Harga makanan, transportasi, dan akomodasi relatif terjangkau. Mahasiswa dapat dengan mudah menemukan makanan yang lezat dengan harga yang terjangkau di kantin kampus atau di luar kampus. Selain itu, opsi akomodasi seperti asrama atau apartemen mahasiswa juga tersedia dengan harga yang terjangkau.

Baca Juga  5 Tips Membuat Tugas Makalah yang Baik

Sistem transportasi di Malaysia juga efisien dan terjangkau. Mahasiswa dapat menggunakan angkutan umum seperti bus dan kereta api dengan tarif yang terjangkau untuk menjelajahi kota atau bahkan bepergian antar kota di Malaysia. Biaya transportasi yang terjangkau ini membantu para pelajar mengatur keuangan mereka dengan lebih baik.

4. Lingkungan Multikultural

Malaysia memiliki masyarakat yang multikultural dengan beragam etnis dan agama. Hal ini menciptakan lingkungan yang inklusif dan ramah bagi pelajar internasional, termasuk pelajar Indonesia.

Mereka dapat merasakan kehangatan dan keramahan penduduk setempat, serta berinteraksi dengan mahasiswa dari berbagai negara. Lingkungan multikultural ini juga memberikan kesempatan bagi pelajar untuk memahami dan menghargai keberagaman budaya.

5. Kegiatan dan Festival Budaya

Di Malaysia, terdapat beragam kegiatan dan festival budaya yang diadakan sepanjang tahun. Pelajar Indonesia dapat mengikuti festival seperti Hari Raya, Deepavali, atau Tahun Baru Cina dan merasakan kegembiraan dan kekayaan budaya Malaysia.

Selain itu, banyak universitas di Malaysia juga menyelenggarakan acara dan klub yang mempromosikan interaksi antarbudaya, sehingga pelajar dapat terlibat dalam kegiatan yang memperluas wawasan mereka.

6. Kemudahan Berkomunikasi

kemudahan berkomunikasi
source: reading.ac.uk

Cara kuliah di Malaysia tentu harus bisa menguasai Bahasa Malayu, atau biasa dikenal sebagai Bahasa Malaysia, yang merupakan bahasa resmi di Malaysia. Bagi pelajar Indonesia, komunikasi dengan penduduk setempat dan mahasiswa lokal menjadi lebih mudah karena kedua negara memiliki persamaan bahasa.

Hal ini membuat adaptasi dan integrasi sosial menjadi lebih lancar, sehingga pelajar Indonesia dapat dengan cepat merasa nyaman dan terhubung dengan lingkungan sekitar.

7: Peluang Karir yang Menjanjikan

Malaysia merupakan salah satu pusat bisnis dan industri di Asia Tenggara. Setelah menyelesaikan studi, pelajar Indonesia memiliki peluang karir yang menjanjikan di Malaysia. Banyak perusahaan multinasional dan perusahaan lokal yang mempekerjakan lulusan dari perguruan tinggi Malaysia.

Baca Juga  4 Tips Cermat Memilih Travel Umroh Terpercaya

Dengan koneksi dan pengalaman yang mereka dapatkan selama studi, pelajar Indonesia memiliki peluang untuk membangun jaringan profesional yang kuat dan mendapatkan kesempatan kerja yang baik di Malaysia.

8. Program Visa Kerja

Selain itu, Malaysia juga menawarkan program visa kerja yang memudahkan pelajar internasional untuk mengembangkan karir mereka di negara tersebut.

Setelah menyelesaikan studi, misalnya saja studi jurusan Administrasi Bisnis pelajar Indonesia dapat memanfaatkan program visa kerja pasca-studi untuk tinggal, bekerja maupun berbisnis di Malaysia. Ini memberi mereka kesempatan untuk memperluas pengalaman profesional mereka dan membuat langkah awal yang solid dalam karir mereka.

Kuliah di Malaysia masih menjadi daya tarik bagi pelajar Indonesia dengan alasan-alasan di atas. Dengan kualitas pendidikan yang terjamin, biaya hidup yang terjangkau, lingkungan multikultural, kemudahan berkomunikasi, dan peluang karir yang menjanjikan, tidak heran jika banyak pelajar Indonesia memilih Malaysia sebagai tempat untuk mengejar pendidikan tinggi mereka.

Malaysia adalah negara yang ramah, dengan fasilitas pendidikan yang berkualitas, dan peluang yang menarik bagi pelajar internasional. Bagi para pelajar Indonesia yang bermimpi tentang pengalaman kuliah di luar negeri, Malaysia tetap menjadi destinasi yang menarik dan layak untuk dipertimbangkan.

Bagikan: