Vitamin B12 merupakan nutrisi penting yang berperan dalam pembentukan sel darah merah, kesehatan sistem saraf, dan sintesis DNA. Kekurangan vitamin B12 dapat menyebabkan berbagai masalah kesehatan seperti anemia, kelelahan, dan kerusakan saraf.

Oleh karena itu, banyak orang memilih untuk mengonsumsi suplemen vitamin B12. Namun, ada beberapa kesalahan umum yang sering dilakukan saat menggunakan suplemen ini. Berikut ini beberapa kesalahan yang perlu Sobat hindari. Mari simak ulasannya sampai selesai!

Tidak Konsultasi dengan Dokter

Salah satu kesalahan terbesar yang sering dilakukan adalah mengonsumsi suplemen vitamin B12 tanpa berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter. Setiap orang memiliki kebutuhan vitamin B12 yang berbeda-beda.

Mengonsumsi suplemen tanpa mengetahui dosis yang tepat dapat menyebabkan kelebihan atau kekurangan vitamin ini di dalam tubuh. Oleh karena itu, sangat penting untuk berkonsultasi dengan dokter sebelum mulai mengonsumsi suplemen vitamin B12.

Mengabaikan Sumber Makanan Alami

Suplemen seharusnya tidak menjadi pengganti dari sumber makanan alami yang kaya akan vitamin B12. Beberapa sumber makanan yang kaya vitamin B12 antara lain daging merah, ikan, unggas, telur, dan produk susu.

Mengandalkan suplemen saja tanpa memperhatikan asupan makanan sehari-hari bisa menyebabkan ketidakseimbangan nutrisi. Sebaiknya Sobat tetap mengutamakan sumber makanan alami dan hanya menggunakan suplemen sebagai tambahan jika diperlukan.

Tidak Memperhatikan Waktu Konsumsi

Waktu konsumsi suplemen vitamin B12 juga sangat penting. Mengonsumsi suplemen ini pada waktu yang tidak tepat dapat mengurangi efektivitasnya. Disarankan untuk mengonsumsi vitamin B12 di pagi hari bersama dengan makanan.

Ini karena vitamin B12 dapat memberikan tambahan energi yang dibutuhkan untuk aktivitas sehari-hari. Mengonsumsi suplemen di malam hari mungkin tidak akan memberikan manfaat yang sama dan bisa mengganggu tidur Sobat.

Baca Juga  Apa Itu Sabu Beserta Dampak Penyalahgunaannya

Tidak Memperhatikan Interaksi dengan Obat Lain

Jika Sobat sedang mengonsumsi obat lain, penting untuk memperhatikan interaksi antara obat tersebut dengan suplemen vitamin B12. Beberapa obat dapat mempengaruhi penyerapan vitamin B12 di dalam tubuh.

Misalnya, obat penurun kolesterol seperti statin, atau obat diabetes seperti metformin, dapat mengurangi penyerapan vitamin B12. Sebelum mengonsumsi suplemen, pastikan Sobat memberi tahu dokter tentang semua obat yang sedang dikonsumsi.

Mengabaikan Gejala Kelebihan Vitamin B12

Meskipun vitamin B12 larut dalam air dan kelebihannya biasanya dikeluarkan melalui urin, mengonsumsi suplemen dalam jumlah yang berlebihan dapat menyebabkan beberapa efek samping.

Gejala kelebihan vitamin B12 dapat meliputi sakit kepala, mual, muntah, diare, dan bahkan kerusakan pada sistem saraf. Jika Sobat mengalami gejala-gejala tersebut, segera hentikan penggunaan suplemen dan konsultasikan dengan dokter.

Mengonsumsi suplemen vitamin B12 bisa sangat bermanfaat, terutama bagi mereka yang kekurangan vitamin ini. Namun, Sobat perlu menghindari berbagai kesalahan di atas agar manfaat yang didapat menjadi optimal.

Bagi Sobat yang ingin mengetahui lebih lanjut mengnai panduan konsumsi suplemen secara benar, Sobat bisa langsung mengakses pafikabupatenkulonprogo.org. Dengan demikian, Sobat dapat memastikan bahwa penggunaan suplemen vitamin B12 memberikan manfaat yang optimal bagi kesehatan tubuh.

Bagikan: