Kuliah di luar negeri merupakan impian banyak pelajar. Salah satu negara tujuan melanjutkan pendidikan tinggi adalah Amerika Serikat. Ditambah dengan banyak beasiswa luar negeri yang bisa kamu ikuti untuk menekan pengeluaran selama berkuliah.

Bagi yang ingin melanjutkan kuliah S2 di Amerika, berikut ini adalah beberapa pilihan beasiswa S2 Amerika yang bisa dicoba. Simak baik-baik, ya!

Beasiswa LPDP

Beasiswa LPDP (Lembaga Pengelola Dana Pendidikan) adalah beasiswa dari pemerintah Indonesia melalui Kementerian Keuangan yang ditujukan untuk calon mahasiswa dari Indonesia yang ingin kuliah di luar negeri. Termasuk beasiswa kuliah S2/S3 di Amerika.

Pendaftaran beasiswa LPDP umumnya dibuka sebanyak dua kali dalam setahun. Tahap pertama dibuka pada bulan Januari – Februari, sementara tahap kedua di bulan Juni – Juli. Jadi, bagi kamu yang ketinggalan tahap pertama, masih bisa mendaftar di tahap kedua.

CIMB ASEAN Scholarship

Bank Swasta CIMB juga menawarkan program CIMB ASEAN Scholarship untuk calon mahasiswa dari negara berkembang yang ingin mengejar karier di bidang keuangan dan perbankan. Pendaftarannya dibuka sekita bulan Mei – Juni.

Syarat utamanya adalah kamu harus sudah LoA (Letter of Acceptance) dari universitas tujuanmu sebelum mendaftar beasiswa ini. CIMB ASEAN Scholarship tersedia untuk semua jurusan dan universitas. Namun, peluang lolosmu akan lebih besar jika mengambil jurusan di bidang finansial dan perbankan.

World Bank Scholarship

Selanjutnya, ada World Bank Scolarship yang menawarkan beasiswa penuh untuk pelamar dari negara berkembang termasuk Indonesia. Beasiswa S2 satu ini tersedia untuk 45 program studi di 27 universitas berbagai negara, di antaranya Amerika, Jepang, Eropa, Oseania dan Wilayahb Asia.

Baca Juga  Cara Ampuh Untuk Membuat Anak Suka Matematika

Pendaftaran World Bank Scholarship akan dibuka sekitar bulan Maret – Mei. Beberapa universitas di Amerika yang masuk program beasiswa ini antara lain:

  • Harvard University, dengan jurusan Master of Public Administration in International Development.
  • Stanford University, dengan jurusan International Graduate Program on Civil and Enviromentanl Engineering.
  • University of Leeds, dengan jurusan Master of Public Health, MSc Sustainable Food Systems and Food Security, MSc Sustainable Cities, MSc Water Sanitation and Health Engineering.

Rotary Peace Fellowship – Master’s Degree Programs

Rotary Peace Fellowship adalah program beasiswa S2 Amerika dari Rotary International yang ditujukan pada pelamar yang ingin melanjutkan studi di bidang perdamaian dan resolusi konflik. Pendaftaran biasanya dibuka sekitar bulan Mei.

Mitra universitas Amerika untuk beasiswa satu ini di antaranya Duke University dan University of North Carolina at Chapel Hill. Salah satu syarat utama beasiswa satu ini adalah harus memiliki pengalaman kerja di bidang pembangunan dan perdamaian minimal selama 3 tahun.

Bidang-bidang tersebut mencakup pekerjaan di pemerintahan, diplomasi, organisasi kemanusiaan, pendidikan, advokasi, aktivis, media massa, hukum dan kesehatan masyarakat.

Itulah beberapa pilihan beasiswa S2 Amerika yang bisa kamu coba untuk melanjutkan studi di negeri Paman Sam tersebut. Agar persiapan beasiswa bisa lebih matang, kamu bisa bergabung dengan Kobi Education.

Kobi Education menawarkan berbagai program unggulan seperti IELTS Preparation, TOEFL ITP, Konsultasi dan Mentoring hingga Proofreading. Kamu akan dibantu oleh para mentor yang sudah expert di bidangnya untuk memantapkan semua persiapan beasiswa, mulai dari dokumen hingga tahap wawancara.

Untuk informasi selengkapnya, silakan kunjungi laman kobieducation.com. Raih beasiswa dan kampus luar negeri impianmu bersama Kobi Education sekarang juga!

Baca Juga  Yukk Intip Manfaat Home Schooling Bagi Anak
Bagikan: