Cara mengajari anak berbahasa Inggris – Sudah menjadi pengetahuan umum bahwa bahasa Inggris menjadi bahasa yang universal. Bahkan, hampir seluruh negara menggunakannya dalam percakapan internasional baik untuk urusan pribadi sampai urusan professional. Sebab itu, Bunda pasti akan melakukan banyak hal agar anaknya jago bahasa Inggris.

Bahasa Inggris memang sudah bisa anak terima ketika anak bersekolah. Namun, Bunda juga dapat mengajarinya di rumah. Terdapat beberapa cara yang bisa Bunda praktikan agar mengajari anak menjadi lebih efektif. Simak tips yang dilansir dari Zona Baca berikut ini.

Mengajak Melakukan Percakapan dengan Bahasa Inggris

Anak kecil akan sulit untuk memulai membuat percakapan dalam bahasa Inggris. Oleh sebab itu, buah hati perlu belajar mengkomunikasikan terkait apa saja yang sudah mampu dia ucapkan kepada Bunda.

Biasakan berbicara dengan si Kecil terkait kegiatan sehari-hari dalam bahasa Inggris. Mulai dari menanyakan tentang keadaannya hari ini. Dorong anak untuk mengucapkan berbagai kata dengan bahasa Inggris. Tetapi, jangan terlalu menekan anak untuk melakukannya.

Membuat Permainan yang Menyenangkan

Bunda dapat menggunakan berbagai cara untuk menarik minat anak belajar bahasa Inggris. Dengan mengajaknya bermain, anak akan terbantu untuk lebih paham apa yang Bunda ajarkan. Permainan cerdas seperti tebak gambar dapat membantu anak mencoba menerjemahkan gambar ke dalam kata bahasa Inggris.

Bagi anak yang lebih besar, Bunda dapat mengajak buah hati bermain scrabble. Permainan ini dapat mengasah kemampuan kosa kata anak dalam bahasa Inggris. Anak akan lebih mudah menyampaikan kata-kata dengan menggunakan bahasa tubuh.

Baca Juga  Tips Ampuh Mengatasi Anak Kecanduan Gawai

Mengajar Bahasa dengan Musikal

Banyak orangtua yang menggunakan metode buku untuk mengajari anaknya bahasa Inggris. Sayangnya, si Kecil akan mudah bosan dengan teknik yang satu ini. Sebagai alternatif, Bunda bisa mengajarinya melalui lagu, puisi, atau musik berlirik bahasa Inggris.

Bunda dapat memilih puisi atau lagu yang popular. Dengan mendengar kata-kata dan ritme lagu, anak akan terbiasa mendengar kosa kata bahasa Inggris. Bunda juga bisa mulai mengajarinya untuk memahami arti setiap lirik secara lebih halus.

Belajar dengan Bercerita

Perlu Bunda ketahui bahwa buah hati mempunyai imajinasi yang sangat detail dan bersifat visual. Peluang ini bisa Bunda manfaatkan untuk mengajari si Kecil bahasa Inggris dengan metode yang menyenangkan.

Gunakan buku cerita yang bergambar agar anak lebih mudah memahami setiap kata, terlebih anak dengan tipe gaya belajar visual. Ketika Bunda mengajarinya dengan visual dan suara, hal ini akan membantu anak mengekspresikan pikirannya dengan lebih optimal.

Mengulang-ulang Tata Bahasa

Mengajari buah hati mengenai tata bahasa Inggris memang terasa cukup sulit. Proses belajar tata bahasa ini biasanya akan anak terima ketika mereka memasuki kelas tertentu di sekolah. Aturan dan struktur kalimat pada bahasa Inggris memang cukup membingungkan.

Oleh sebab itu, cara terbaik untuk mengenalkannya kepada anak adalah dengan menggunakan tata bahasa yang benar dalam percakapan sehari-hari.

Misalnya, ketika si Kecil mengucapkan tata bahasa yang salah, biarkan mereka mendengar dan mengetahui arti dari kalimat yang benar. Lalu, biasakan anak untuk memahami mana yang lebih baik dan tepat untuk mereka tulis atau ucapkan. Dengan pengulangan yang cukup sering dalam percakapan sehari-hari, buah hati akan mulai bisa memahami cara tepat untuk menyusun kalimat yang benar.

Baca Juga  Ingin Digital Printing? Ini Hal yang Perlu Kamu Perhatikan

Nah, itu tadi beberapa cara mengajari anak berbahasa Inggris yang bisa Bunda lakukan sendiri di rumah. Biasakan buah hati menggunakan bahasa Inggris untuk percakapan sehari-hari. Namun, jangan terlalu menekan anak untuk mampu memahami apa yang Bunda ajarkan. Selamat mencoba. Semoga bermanfaat!

Bagikan: