Produk perawatan kulit atau skincare yang dijual di pasaran kini selalu menonjolkan satu kandungan aktif dan kadar konsentrasinya. Salah satunya adalah salicylic acid untuk wajah. Salicylic acid (asam salisilat) merupakan senyawa yang tergolong ke kategori asam hidroksi beta atau BHA.

Biasanya, produk skincare untuk wajah yang beredar mengandung asam salisilat sebesar 0,5 – 2%. Sama seperti produk perawatan kulit dari perusahaan maklon di Indonesia. Ciri khas salicylic acid ialah bisa larut dalam minyak alami atau sebum.

Tak hanya bekerja aktif pada permukaan kulit saja, kandungan ini juga bisa masuk ke pori-pori yang lebih dalam, lalu memecah ikatan minyak dan sel kulit mati. Berikut ini adalah beberapa manfaat salicylic acid untuk kulit wajah. Yuk langsung disimak!

Mengurangi Minyak Wajah yang Berlebih

Skincare dengan kandungan salicylic acid baik untuk kulit yang berminyak. Manfaat tersebut berasal dari cara kerjanya yang bisa memecah ikatan sebum.

Sebuah studi dari Journal of Cosmetic Dermatology (2014) menemukan bahwa penggunaan asam salisilat dengan konsentrasi 30% mampu mengurangi minyak berlebih secara signifikan.

Mengangkat Sel Kulit Mati

Salicylic acid juga kerap digunakan untuk eksfoliasi wajah. Sebab, kandungan ini bisa membantu memecah ikatan sel-sel kulit mati. Ikatan-ikatan tersebut pun melonggar, sehingga kulit mati jadi lebih mudah lepas dari lapisan kulit wajah.

Mengendalikan Jerawat

Jerawat yang parah pun bisa dikendalikan dengan salicylic acid. Perlu kamu tahu, jerawat muncul akibat produksi minyak yang berlebih, pori-pori tersumbat serta infeksi bakteri Propionibacterium acnes.

Asam salisilat mampu mengendalikan kadar minyak dan mengatasi pori-pori yang tersumbat, sehingga beberapa pemicu jerawat bisa teratasi.

Baca Juga  Lakukan Kebiasaan Ini Untuk Menjaga Gigi Tetap Sehat

Mengurangi Peradangan

Salah satu kondisi yang menyebabkan peradangan wajah adalah jerawat. Jerawat yang meradang biasanya ditandi dengan rasa nyeri, kemerahan, membengkak bahkan timbul nanah.

Asam salisilat ternyata bersifat anti-inflamasi atau anti-radang pada jerawat di wajah. Kandungan tersebut akan membantu menghambat pembentukan senyawa pemicu peradangan, yaitu prostaglandin.

Itulah beberapa manfaat salicylic acid untuk kulit wajah. Kandungan ini cocok digunakan untuk kulit wajah yang berminyak dan berjerawat. Apabila kamu merasa produk skincare yang beredar di pasaran tidak sesuai dengan karakter kulit wajahmu, kamu bisa custom skincare di Agung Sejahtera Group.

Jasa maklon skincare satu ini telah terakreditasi dengan persyaratan sertifikat industri, seperti MUI, BPOM, GMP dan ISO HACCP. Selain membuat skincare sendiri, kamu juga bisa mulai merintis bisnis bersama Agung Sejahtera Group. Informasi selengkapnya bisa dilihat di laman agungsejahteragroup.com. Semoga bermanfaat!

Bagikan: