Cold Wallet yang juga dikenal sebagai penyimpanan dingin, digunakan secara offline untuk menyimpan bitcoin atau mata uang kripto lainnya. Cold Wallet ini disimpan pada platform yang tidak terhubung ke internet, sehingga dapat melindungi dompet dari akses tidak sah, peretasan dunia maya, dan kerentanan lain.

Selain Cold Wallet, dompet kripto memiliki satu jenis lainnya yakni Hot Wallet.  Cold Wallet terbagi lagi menjadi beberapa jenis, seperti Ledger, Trezor, KeepKey dan lain-lain.

Melansir dari Investopedia, metode penyimpanan dingin sangat berguna untuk investor individu. Akan tetapi, pertukaran cryptocurrency dan perusahaan yang terlibat dalam ruang kripto juga menggunakan jenis dompet ini.

Alasan Investor Kripto Membutuhkan Cold Wallet

Ketika rekening giro, tabungan atau kartu kredit dengan bank telah dikompromikan, bank mampu mengembalikan uang yang hilang atau dicuri kembali ke pemegang rekening.

Lain halnya jika itu akun atau dompet cryptocurrency investor yang disusupi hacker dan tokennya dicuri, maka pemilik tidak bisa memulihkan koinnya. Hal ini dikarenakan sebagian besar mata uang digital terdesentralisasi serta tidak mendapat dukungan dari bank sentral atau pun pemerintah.

Jadi, Anda sebagai investor kripto harus menyadari langkah-langkah keamanan yang diperlukan untuk melindungi token Anda. Oleh sebab itu, perlu adanya media penyimpanan yang aman dan terjamin untuk bitcoin/altcoin seperti Cold Wallet.

8 Rekomendasi Cold Wallet Crypto Terbaik

Selain disebut sebagai penyimpanan dingin, Cold Wallet juga terkadang disebut dengan wallet hardware atau dompet perangkat keras. Dalam hal ini, tentunya Cold Wallet menggunakan media fisik yang biasanya berbentuk stik USB.

Baca Juga  6 Camilan Paling Pas Sebagai Teman Minum Kopi

Seperti yang telah dibahas sebelumnya, jenis dompet kripto ini dapat melindungi dompet dari akses tidak sah, peretasan dan lainnya, sehingga bisa menjadi pilihan dompet yang paling aman.

Ada banyak sekali Cold Wallet crypto yang dijual di pasaran. Berikut ini adalah 8 rekomendasi Cold Wallet terbaik yang bisa menjadi referensi Anda untuk memenuhi kebutuhan penyimpanan kripto, antara lain:

1. Ledger Nano X

Sepanjang tahun 2023, Ledger Nano X dinobatkan sebagai wallet crypto terbaik. Jenis dompet ini dirancang dengan berat sekitar 34 gram dan ukuran dimensi 72 mm x 18.6 mm x 11.75 mm.

Ledger Nano X mengandung baterai ithium-ion 100mAh. Selain itu, juga menggunakan plastik baja tahan karat dan memungkinkan akses NFT, aplikasi DeFi dan lainnya.

Cold wallet satu ini merupakan generasi kedua dari Ledger serta telah dilengkapi dengan perangkat lunak Ledger Live. Anda bisa menggunakannya untuk memeriksa saldo, mengirim mata uang dan juga menerima mata uang.

2. Trezor Model T

Selanjutnya, ada Trezor Model T yang merupakan cold wallet crypto terbaik yang bisa menjadi alternatif dari Ledger Nano X.

Wallet satu ini dilengkapi dengan layar sentuh yang mudah digunakan, dukungan multikoin, dan koneksi USB-C. Trezor Model T juga dijamin aman, karena kunci pribadi dienkripsi dengan teknologi tinggi.

3. KeepKey

KeepKey adalah wallet crypto yang dilengkapi dengan perlindungan PIN terhadap penggunaan yang tidak sah, perlindungan frasa sandi tambahan, serta kecepatan transaksi.

Perlu diketahui bahwa KeepKey mendukung lebih dari 40 cryptocurrency, loh. Wallet ini dapat digunakan di komputer manapun tanpa ada kesulitan. KeepKey sangat aman sebab kunci pribadinya dienkripsi dengan teknologi tinggi.

4. BitBox02

BitBox02 merupakan cold wallet crypto terbaik berikutnya yang aman dan mudah digunakan. Dompet ini dibuat oleh shift crypto, yaitu sebuah perusahaan yang berbasis di Swiss.

Baca Juga  4 Destinasi Wisata yang Wajib Dikunjungi Saat Liburan di Bali

BitBox02 juga salah satu cold wallet crypto yang multifungsi. Fiturnya yang mudah digunakan akan membantu Anda untuk mengisolasi cryptocurrency dan kuncinya dari serangan eksternal.

5. CoolWallet S

Bagi Anda yang sering bepergian, CoolWallet S adalah pilihan wallet crypto yang tepat. Karena, bisa dihubungkan dengan mudah ke perangkat dengan bantuan koneksi Bluetooth terenkripsi hingga radius 10 meter.

CoolWallet S ini sangat ringan, loh. Selain itu, bisa juga berinteraksi dengan berbagai aset seperti NFT, DeFi, dan Dapps. Setidaknya, terdapat lima prosesor yang mengontrol manajemen daya dompet kripto satu ini.

6. Safepal S1

Cold wallet crypto terbaik selanjutnya jatuh kepada Safepal S1, yang aman dan juga mudah untuk digunakan. Safepal S1 adalah salah satu dompet cold storage yang bergaya dengan dukungan iOS Android-Android.

Wallet ini sangat aman karena kunci pribadinya dienkripsi dengan teknologi yang tinggi. Safepal S1 mendukung lebih dari 19 blockchain serta 10.000 lebih token kripto dan juga NFT.

7. Ellipal Titan

Ellipal Tita merupakan cold wallet crypto dengan celah udara pertama yang tidak mempunyai lapisan keamanan tambahan, yang memberikan kemudahan dan aman untuk digunakan.

Perlu diketahui bahwa perangkat ini tidak memiliki komponen online sama sekali. Hal inilah yang membuat Ellipal Titan benar-benar aman dan juga didukung di perangkat Android maupun iOS.

8. Blockstream Jade

Rekomendasi terakhir ada Blockstream Jade. Blockstream telah berevolusi dengan baik dalam menambang maupun hal lainnya, termasuk untuk penerbitan beberapa aset digital.

Jaringan yang Blockstream cukup luas dan juga cukup terkenal, sehingga dianggap sebagai dompet perangkat keras yang disegani. Cold wallet crypto satu ini menjadi cold storage Bitcoin yang aman.

Nah, itulah dia 8 rekomendasi Cold Wallet crypto terbaik yang bisa Anda pertimbangkan. Penggunaan Cold Wallet sangatlah penting untuk menjaga aset yang dimiliki tetap aman dan tidak hilang.

Baca Juga  Cara Melihat Gaya Rambut Mullet Cocok atau Tidak

Bagi Anda yang ingin berinvestasi crypto secara mudah, yuk download PINTU sekarang! PT Pintu Kemana Saja dengan brand PINTU ini adalah platform jual beli dan investasi aset crypto di Indonesia. Aplikasi PINTU berfokus pada tampilan aplikasi yang intuitif, mudah digunakan, serta memiliki konten edukasi in-app, terutama bagi investor crypto yang newbie dan kasual.

Anda juga bisa mengakses beragam berita cryptocurrency paling update atau informasi mengenai aplikasi PINTU lainnya melalui laman pintu.co.id. Semoga bermanfaat!

Bagikan: