Biaya pengiriman merupakan pertimbangan penting bagi bisnis e-commerce dan pengiriman barang secara umum. Salah satu faktor utama yang memengaruhi biaya pengiriman adalah volume barang yang akan dikirim.

Volume barang menjadi parameter kunci yang digunakan oleh penyedia layanan pengiriman untuk menentukan tarif yang berlaku. Berikut adalah beberapa hal yang mempengaruhi biaya ongkir berdasarkan volume barang:

1. Dimensi Paket

Ukuran paket atau dimensi barang yang akan dikirim menjadi faktor krusial dalam menentukan biaya pengiriman. Kurir biasanya menggunakan perhitungan volume atau dimensi paket (panjang × lebar × tinggi) untuk menentukan biaya pengiriman, selain dari berat fisik barang.

Barang dengan dimensi besar tapi ringan bisa dikenai biaya lebih tinggi karena memakan ruang yang seharusnya bisa digunakan untuk mengirim lebih banyak barang.

2. Berat Faktual vs. Berat Volumetrik

Ada perbedaan antara berat aktual dan berat volumetrik. Berat aktual adalah berat sebenarnya dari barang tersebut, sementara berat volumetrik adalah ukuran dimensi paket yang dihitung oleh kurir.

Jika berat volumetrik lebih tinggi dari berat aktual, maka biaya pengiriman akan didasarkan pada berat volumetrik tersebut.

3. Jenis Barang

Jenis barang yang dikirim juga bisa mempengaruhi biaya pengiriman. Barang yang rapuh atau memerlukan perlakuan khusus untuk pengemasan dan pengiriman mungkin akan dikenai biaya tambahan. Barang berbahaya juga memiliki aturan khusus dalam pengiriman yang dapat memengaruhi biaya pengiriman.

4. Jarak Pengiriman

Jarak tempuh antara asal dan tujuan pengiriman adalah faktor lain yang signifikan dalam menentukan biaya ongkir. Pengiriman lokal biasanya lebih murah dibandingkan dengan pengiriman antar kota atau antar negara.

Baca Juga  Review Laptop Bisnis Asus Expertbook B9400

5. Pilihan Layanan Pengiriman

Setiap layanan pengiriman memiliki opsi tarif yang berbeda-beda. Layanan kilat atau ekspres akan lebih mahal daripada pengiriman reguler. Penyedia layanan juga menawarkan berbagai pilihan asuransi, pelacakan, dan layanan tambahan lainnya yang dapat mempengaruhi biaya pengiriman.

6. Negosiasi dengan Penyedia Layanan Pengiriman

Bagi bisnis yang mengirimkan jumlah barang yang besar secara reguler, negosiasi dengan penyedia layanan pengiriman bisa menjadi opsi untuk mendapatkan tarif yang lebih kompetitif.

Kesimpulan

Biaya pengiriman yang ditetapkan oleh penyedia layanan pengiriman dipengaruhi oleh beberapa faktor, di antaranya adalah volume barang, dimensi paket, jarak pengiriman, jenis barang, serta pilihan layanan pengiriman.

Memahami faktor-faktor ini dapat membantu bisnis merencanakan strategi pengiriman yang lebih efisien dan terukur, mengoptimalkan biaya pengiriman tanpa mengorbankan kualitas layanan dan keamanan barang yang dikirim.

Penting untuk selalu mempertimbangkan berbagai opsi layanan pengiriman, merencanakan kemasan yang efisien, serta memanfaatkan diskusi dengan penyedia layanan untuk meminimalkan biaya pengiriman tanpa mengurangi kualitas dan keamanan pengiriman barang.

Itulah pembahasan mengenai berbagai hal yang memengaruhi biaya ongkir berdasarkan volume barang. Jika Anda ingin mengetahui biaya kirim barang sebelum memutuskan untuk mengirimnya, Anda bisa memanfaatkan fitur cek ongkir dari ekspedisi terbaik Lion Parcel. Selamat mencoba!

Bagikan: