Gigi adalah bagian penting dari sistem pencernaan manusia. Gigi tidak hanya berperan dalam proses pengunyahan makanan, tetapi juga memengaruhi penampilan dan kesehatan secara keseluruhan.

Artikel kali ini akan membahas berapa jumlah gigi orang dewasa beserta jenis-jenis gigi yang dimiliki oleh manusia. Simak ulaannya sampai tuntas, ya!

Jumlah Gigi pada Orang Dewasa

Pada umumnya, orang dewasa memiliki 32 gigi. Ini termasuk 8 gigi seri, 4 gigi taring, 8 gigi premolar, dan 12 gigi molar. Namun, jumlah gigi ini dapat berbeda dari satu individu ke individu lainnya.

Beberapa orang mungkin kehilangan gigi karena berbagai alasan, seperti kerusakan atau penyakit gigi. Gigi yang paling sering hilang adalah gigi bungsu, yang juga dikenal sebagai gigi ketiga molarnya.

Gigi bungsu ini sering diekstraksi karena masalah ruang dan impaksi. Oleh sebab itu, jika gigi bungsu Anda mengalami masalah, segeralah kunjungi klinik gigi untuk mendapatkan perawatan yang tepat dari dokter gigi.

Jenis-Jenis Gigi pada Orang Dewasa

Gigi Seri (Incisors)

Gigi seri adalah gigi yang paling terlihat ketika Anda tersenyum. Orang dewasa memiliki 8 gigi seri, 4 di rahang atas dan 4 di rahang bawah.

Fungsi utama gigi seri adalah untuk memotong makanan menjadi potongan-potongan kecil agar dapat digerus oleh gigi-gigi lainnya.

Gigi Taring (Canines)

Gigi taring adalah gigi yang berbentuk lancip dan berfungsi untuk merobek makanan. Orang dewasa memiliki 4 gigi taring, 2 di rahang atas dan 2 di rahang bawah.

Gigi taring juga penting dalam penampilan karena mereka membantu memberi wajah bentuk yang khas.

Baca Juga  Bingung Memilih Antara Nexgard atau Nexgard Spectra? Ini Dia Perbedaan Serta Manfaatnya!

Gigi Premolar

Gigi premolar terletak di belakang gigi seri dan gigi taring. Orang dewasa memiliki 8 gigi premolar, 4 di rahang atas dan 4 di rahang bawah. Gigi premolar berperan dalam menghancurkan dan menggiling makanan.

Gigi Molar

Gigi molar adalah gigi yang paling besar dan berada di bagian belakang rahang. Orang dewasa memiliki 12 gigi molar, 6 di rahang atas dan 6 di rahang bawah.

Gigi molarnya berperan dalam menggiling makanan dengan baik sehingga dapat dicerna dengan lebih efisien.

Untuk menjaga kesehatan gigi, perawatan gigi yang baik sangat penting. Ini termasuk menjaga kebersihan mulut dengan menggosok gigi secara teratur, menggunakan benang gigi, dan berkunjung ke dokter gigi untuk pemeriksaan rutin.

Anda bisa melakukan perawatan gigi terbaik dengan mengunjungi klinik SATU Dental. Selain melakukan perawatan gigi, Anda juga bisa melakukan veneer gigi agar warna gigi menjadi lebih putih.

SATU Dental memiliki dokter yang kompeten dan profesional di bidangnya, yang juga akan memberikan layanan behel gigi terbaik. Informasi selengkapnya bisa dilihat di laman satudental.com.

Ingin mendapatkan perawatan gigi terbaik dan berkualitas? Yuk book appoinment di klinik gigi terdekat SATU Dental sekarang juga!

Bagikan: