“Daripada jajan gorengan yang gak sehat, mending makan salad sayur, lebih sehat”. Ketika berbicara tentang makanan enak di Jakarta Pusat dan juga sehat, pasti salad akan menjadi salah satu pilihan utama. Bagaimana tidak, salad terbuat dari sayuran maupun buah-buahan yang kaya akan serat dan berbagai nutrisi penting lainnya bagi tubuh.

Namun, benar atau tidak sih salad adalah makanan yang sehat? Cari tahu jawabannya, yuk!

Jika melihat dari segi komposisinya, benar, salad adalah makanan sehat. Seperti yang telah disebutkan, salad terbuat dari sayuran maupun buah-buahan yang kaya akan nutrisi dan tinggi serat. Mengonsumsi salad dapat mencegah berbagai penyakit, seperti:

  • Sembelit
  • Stroke
  • Obesitas
  • Gangguan pencernaan
  • Masalah pada organ hati

Meskipun begitu, ternyata salad juga tidak bisa selalu dikatakan sebagai makanan sehat. Bahkan, ada juga potensi penyakit yang mungkin timbul akibat mengonsumsi salad. Mengapa demikian?

Topping Salad

Salad terbuat dari sayuran dan buah-buahan mentah. Cara mengonsumsinya adalah dengan mencuci sayur atau buah, memotongnya, dan kemudian menikmatinya dengan saus mayones, saus keju, dan saus lainnya sesuai selera. Namun, umumnya menggunakan saus mayones.

Sayur dan buah yang kaya nutrisi dan rendah kalori ini akan berubah menjadi makanan tinggi kalori akibat penggunaan berbagai saus tersebut. Sebab, melansir dari alodokter.com, satu sendok makan saus mayones mengandung 94 kalori dan 10,3 gram lemak.

Dengan tingginya kalori tersebut, maka penggunaan saus mayones pada salad, maupun saus lainnya justru berpotensi menimbulkan obesitas dan penyakit lainnya, akibat tingginya kalori yang masuk. Terlebih, jika kamu suka mengonsumsi salad dengan saus mayones yang banyak.

Kontaminasi Bakteri

Salad terbuat dari sayur dan buah mentah, sehingga berpotensi adanya kontaminasi bakteri ketika proses pencuciannya tidak dilakukan dengan benar. Melansir dari alodokter.com, beberapa kuman dan bakteri yang ada pada sayur mentah yaitu Salmonella, Listeria, dan E. coli.

Baca Juga  Atasi Jamur Kulit dengan Menggunakan Obat yang Ampuh

Inilah salah satu alasannya mengapa beberapa orang dengan kondisi kesehatan tertentu termasuk ibu hamil dianjurkan tidak mengonsumsi salad dari sayur mentah.

Bakteri-bakteri tersebut bisa hilang jika sayuran dicuci secara benar hingga bersih. Itulah mengapa, jika kamu memang ingin mengonsumsi salad, pastikan kamu membelinya di tempat yang terpercaya.

Kamu juga bisa melihat kualitas sayuran yang disajikan, apakah terlihat segar dan bersih. Jika tidak, maka cobalah berpikir ulang untuk mengonsumsinya.

Makanan dengan bahan yang sehat ternyata bisa berubah menjadi tidak sehat jika salah mengolahnya. Jadi, kamu yang harus lebih bijak dalam mengonsumsi makanan sehat agar bisa mendapatkan manfaat yang maksimal.

Bagikan: